Rumah Nyaman di Perkotaan

Jumlah penduduk yang padat di Indonesia membuat Ahmad Djuhara, arsitek lulusan Universitas Parahyangan Bandung, memiliki inspirasi membuat hunian nyaman di tengah kota. Karena inovasinya tersebut, Wisnu Nugroho bersama sang istri tetarik ingin memperbaharui rumah mereka yang ada di Bekasi. Hasilnya sangat menakjubkan, rumah Wisnu terlihat unik dengan gaya yang groovy.

Rumah milik Wisnu Nugroho

Rumah Wisnu Nugroho

Wisnu Nugroho dan istri, Tri Sundari sebenarnya sudah sejak lama memiliki rumah di Bekasi ini, namun karena buruknya rancangan bangunan, mereka memutuskan untuk merenovasinya. Perjumpaan dengan Ahmad Djuhara memberikan titik terang bagi Wisnu untuk memiliki rumah yang dapat dinikmati bersama keluarga di perkotaan yang padat penduduk.

Tampilan pada Ruang Tamu

Suasana Santai di Ruang Tamu

Sesuai keinginan sang pemilik rumah, konsep Ahmad Djuhara adalah hunian murah terlihat estetika pada bangunannya. Dengan bahan baku yang terbatas, Ahmad Djuhara dapat menciptakan hunian asyik dengan struktur bangunan yang sederhana.

Sebagian besar bahan baku didapat dari pusat bahan bangunan yang ada di sekitar lokasi rumah. Keuntungannya adalah anggaran biaya pengiriman barang berkurang. Total harga bahan baku yang digunakan pun relatif terjangkau yaitu sekitar Rp 240 juta. Biaya tersebut adalah dua per tiga dari rumah konvesional di Indonesia.

Dinding rumah yang dapat dibuka ke samping, membuat cahaya alami dan udara segar dapat masuk ke ruangan

Pencahayaan Alami Berasal dari Dinding Geser yang Berada di Samping Bangunan

Inilah hasilnya, dinding yang menghadap kedepan pada lantai atas rumah terlihat unik karena terbuat dari kayu yang dibingkai oleh besi logam. Dinding dapat digeser ke samping sehingga cahaya alami dapat leluasa masuk ke ruangan. Pemilik rumah pun dapat melihat langsung pemandangan yang ada di luar rumah.

Penghuni rumah dapat leluasa melihat pemandangan di luar rumah.

Penghuni Rumah dapat Leluasa Melihat Pemandangan di Luar Rumah

Desain bagian dalam dibuat lega, minim sekat, sehingga memberikan efek yang nyaman kepada penghuni ruangan. Dinding rumah hanya terdiri dari tembok kasar yang tidak diberi warna pada beberapa bagian. Jendela rumah pun memiliki ukuran yang sama dengan ukuran dinding sehingga taman dapat terlihat jelas dan luas.

Tampilan yang kompleks di bagian dalam rumah

Ruangan Minim Sekat, terlihat Sederhana dan Nyaman

Ruang tamu diisi dengan interior meja dan kursi kayu panjang bergaya minimalis, ditemani standing lamp disudut ruangan. Memperkuat pribadi sang pemilik rumah yang tidak rumit, santai dan juga ringan. Bercengkrama sambil meminum secangkir kopi hangat sangat cocok dilakukan di ruang tamu ini.

Bercengkrama dengan obrolan santai pada ruang tamu.

Bagian dapur sepenuhnya dibuat terbuka menghadap ke taman di lantai bawah. Tidak ada pintu dan juga jendela. Tri Sundari dapat leluasa membuatkan makanan untuk keluarga tanpa khawatir aroma makanan yang menyengat masuk ke dalam rumah.

Bagian dapur yang terbuka menghadap taman.

Dapur Terbuka Menghadap Taman

Dapur rumah yang simpel dengan tata letak yang rapih.

Dapur Rumah yang Minim Perabot, Sangat Sederhana

Desain tempat cuci piring yang tidak rumit.

Kitchen Sink: Simple Tanpa Meninggalkan Fungsi Utama

Suasana taman  yang asri di depan dapur.

Taman Hijau Tepat di Depan Dapur Terbuka

Sebagian besar aktivitas keluarga dilakukan di lantai atas, yang terdiri dari ruang tengah dan juga kamar anak-anak. Kedua anak Wisnu dan Tri Sundari dapat leluasa bermain sambil menonton televisi di ruang tengah. Terdapat jalan dari ruang tengah menuju taman sehingga anak-anak dapat bebas berjalan-jalan, menikmati udara segar di taman.

Buah hati Wisnu dan Tri Sundari yang asyik bermain di ruang keluarga.

Ruang Keluarga juga Berfungsi Sebagai Ruang Bermain

Pencahayaan yang bagus pada ruangan kamar anak karena desain pintu dan jendela kamar yang dipenuhi dengan kaca.

Pencahayaan Terang di Dalam Kamar Tidur

Jalan menuju taman dari kamar anak.

Beranda di depan Kamar Anak

Tampilan asri dari taman yang ada di luar

Taman yang Luas dan Asri Menambah Kesan Nyaman pada Rumah

Semoga desain rumah ini dapat menginspirasi Anda yang tinggal di perkotaan. Jangan lupa selalu ikuti info properti menarik lainnya hanya di UrbanIndo.com :D

Menghitung KPR Jadi Lebih Mudah dengan Kalkulator KPR dari UrbanIndo.com

Di kantor, Dodo sedang curhat kepada rekannya “Guys, gue mau ambil KPR nih. Tapi masih bingung, syarat sama uang muka yang perlu disiapin berapa ya?”
Wah, lu mesti datang ke bank atau ke marketing perumahannya langsung, Do.” Jawab Ninda, rekannya.
Ribet yah, mana sempet ke Bank, kan harus di jam kerja.”
“Sekarang udah gak ribet kali, udah pada tahu belum di UrbanIndo.com ada menu Kalkulator KPR ?” kata Bani
Apaan tuh Kalkulator KPR?” tanya Dodo dan Ninda bersamaan.
“Kalkulator KPR adalah fitur baru di UrbanIndo.com, semua calon pembeli dan visitor bisa mengetahui jumlah Uang Muka hingga cicilan yang harus dibayarkan untuk KPR yang diambil.” jelas Bani ke 2 (dua) rekannya.

UI-KalkulatorKpr

Sesuai dengan tagline nya “Cara Pintar Cari Properti”, UrbanIndo.com terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk memudahkan para pemasang iklan dan pencari properti, salah satunya dengan meluncurkan Fitur Baru Kalkulator KPR.
Fitur ini memberikan beberapa kemudahan bagi pencari properti, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengambil kredit kepemilikan rumah, berikut keistimewaannya:

1. Pengguna Bebas Menentukan Kriteria pada Form

Form Kriteria pada Fitur kalkulator KPR

Form Kriteria pada Fitur kalkulator KPR

Pada fitur Kalkulator KPR, UrbanIndo.com menetapkan 4 (empat) kriteria yang dapat diisi oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.
- Harga Properti, pengguna bisa memasukan harga properti sesuai dengan harga          sebenarnya.
- Down Payment (Uang Muka), sesuai kebijakan kredit yang dikeluarkan oleh Bank    Indonesia, DP KPR adalah 30% dari harga jual properti. Pada kriteria ini, pengguna  dapat menentukan jumlah DP yang telah disiapkan untuk membeli rumah.
- Bunga Pinjaman, kriteria bunga pinjaman yang ada pada kalkulator KPR bersifat  bunga fixed, artinya bunga tidak berubah dari awal hingga akhir KPR. Pengguna dapat  menentukan nilai bunga sesuai ketetapan Bank yang dituju. Kriteria ini juga dapat  digunakan sebagai pembanding bunga antar bank.
- Waktu Angsuran, waktu kredit dapat diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan.  rentang waktu pada Kalkulator KPR UrbanIndo ditetapkan 1 s/d 20 tahun.

2. Perincian Pinjaman Jelas

         Detail Pinjaman pada Kalkulator KPR

Detail Pinjaman pada Kalkulator KPR

Setelah mengisi semua form pada Kalkulator KPR, pengguna langsung dapat melihat perincian pinjaman dengan memilih Hitung KPR. Pada perincian ditampilkan secara jelas mulai dari Pokok Pinjaman, Nilai Angsuran, Total Bunga, hingga detail Angsuran per Bulan yang ditampilkan dalam bentuk tabel.

Perincian Pinjaman pada Kalkulator KPR

Perincian Pinjaman pada Kalkulator KPR

3. Hanya Muncul pada Properti Spesifik

UI-simulasi-kpr

  Hanya Muncul pada Properti Layak Kredit

Hanya Muncul pada Properti Layak Kredit

Menu Simulasi KPR UrbanIndo HANYA TERSEDIA PADA PROPERTI LAYAK KREDIT. Artinya, menu ini hanya akan muncul pada listing properti RUMAH, VILA, RUKO, APARTEMEN dengan status DIJUAL. Untuk properti dengan status DISEWA dan jenis properti TANAH menu Simulasi KPR tidak akan muncul, sehingga tidak membingungkan pengguna.

Jadi, masih bingung dengan perhitungan KPR?? Intip Fitur Baru UrbanIndo donk :)

* Simulasi kredit ini hanya perkiraan, setiap bank/pemberi pinjaman dapat memiliki simulasi yang berbeda

UrbanIndoStyle Fish Pond Inspiration

Good day Urbanites!

Kali ini #UrbanIndoPick menghadirkan #UrbanIndoStyle yang bisa menginspirasi Anda dalam membuat FISH POND.

Lihat beberapa ulasan berikut ini:

Apakah Urbanites tertarik dengan yang satu ini?

Bagi Anda yang menyukai ikan dan ingin memeliharanya di tempat yang menarik, ide ini bisa Anda wujudkan pada wastafel rumah Anda. Sangat unik dan menarik!

Fish Pond

Fish Pond

Bagaimana menurut Urbanites? :)

 

Rumah Jerami yang Ramah Lingkungan : Part 2

Rumah Jerami

Kerangka Pembangunan Rumah Jerami

Rumah jerami ternyata tidak sekuno yang Anda pikirkan. Terbukti bahwa jerami ternyata memiliki kelebihan bahan baku yang lebih murah dan juga dapat menciptakan bangunan yang kokoh. Sehingga tidak heran saat ini para arsitektur mengembangkannya untuk mendesain rumah. Selain sebagai bahan baku rumah dengan nilai ekonomis tinggi, jerami juga dapat menciptakan bangunan yang kokoh. Sehingga tidak heran saat ini para arsitektur mengembangkannya untuk mendesain rumah.

Pembentukan bahan jeramii

Proses Pembentukan Blok Jerami

Bila Anda membangun rumah dengan bahan jerami, sama halnya Anda telah menyelamatkan bumi dari kerusakan alam. Karena sebagai bahan alami, jerami lebih ramah lingkungan. Jerami menjadi solusi terbaik karena lebih mudah untuk membangunnya dan juga biaya proyek berkurang.

Rumah Jerami

Hasil Akhir Rumah Jerami

Rumah Jerami Pertama di Roma, Italia

Ini dia Urbanites, rumah dengan bahan bangunan jerami pertama di Roma, Italia. Rumah ini masih dibangun dengan batu bata yang dihancurkan dengan campuran lumpur dan jerami. Walaupun hanya dibangun dengan kerangka kayu dan jerami, hunian tetap begitu rapih, kokoh tanpa meninggalkan kesan unik.

Rumah jerami pertama di Roma

Rumah Jerami Pertama di Roma, Italia

Rumah jerami pertama di Roma

Rumah Jerami dari Campuran Batu Bata,Lumpur dan Jerami

Rumah jerami pertama di Roma

Rumah jerami – Unik, Kokoh dan Ramah Lingkungan

Rumah jerami pertama di Roma

Siapa Bilang Rumah Jerami tidak Kokoh?

Rumah Jerami Tahan Gempa di Pakistan

Adanya bencana gempa bumi berkekuatan 7,6 skala richter yang terjadi di Kashmir dan Pakistan bagian Utara pada tahun 2005, telah membuat masyarakat berpikir untuk membangun hunian yang tahan dari gempa. Organisasi non-profit, Pakistan Straw Bale and Appropriate Building (PAKSBAB) akhirnya menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Program mereka adalah membangun hunian dengan bahan jerami sehingga dapat menghasilkan rumah yang kokoh dan tahan dari bencana gempa bumi. Tujuan utamanya adalah membangun tempat tinggal bagi masyarakat kurang mampu.

Rumah jerami tahan gempa di Pakistan.

Rumah Jerami Tahan Gempa  di Pakistan.

Rumah jerami tahan gempa

Proses Pembuatan Rumah Tahan Gempa di Pakistan

Adanya solusi tersebut telah memberikan fakta baru tentang jerami. Dimana selain sebagai bahan ramah lingkungan, kedap udara dan ekonomis, hunian jerami ini ternyata sangat kokoh sehingga tahan dari goncangan gempa. Kokohnya bangunan tersebut didukung oleh adanya lapisan tanah liat dan bambu yang dibuat menjadi dinding rumah sekaligus media perekat. Organisasi non-profit tersebut telah sukses membangun 11 rumah dengan biaya murah yaitu sebesar U$2500. Tidah jauh berbeda dengan rumah tahan gempa di Yogyakarta kan?

Rumah jerami tahan gempa

Warga Pakistan Berpose di Depan Rumahnya yang Terbuat dari Jerami

Eco Homes Network

Selain di Pakistan, rumah dari jerami ini juga dikembangkan di Pender Island, Kanada. Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Eco Homes Network sengaja memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat sekitar mengenai cara membangun rumah dengan bahan dasar jerami. Tujuannya adalah menciptakan hunian sehat dari bahan alternatif yang ramah lingkungan.

Eco homes

Rumah Proyek Eco Homes Network

Pemberian informasi tentang bangunan dari jerami telah dilakukan oleh Eco Homes Network selama 2 tahun, setiap musim gugur. Mereka mengajarkan mulai dari tahap mencampurkan bahan bangunan hingga penyebaran bahan pada bingkai kayu di dinding. Ada lebih dari 150 orang wisatawan yang mengikuti edukasi tersebut setiap tahunnya, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Pembuatan dinding rumah jerami

Pembuatan Dinding Rumah Jerami oleh Eco Homes Network

Eco homes

Rumah Jerami Hasil pelatihan dari Eco Homes Network

Seperti yang terlihat pada gambar, Eco Homes Network bersama masyarakat berhasil membangun rumah yang sangat luar biasa. Mungkin rumah tersebut terlihat seperti bangunan rumah lainnya yang terdiri dari bahan kayu atau batu bata. Namun,  siapa sangka, rumah kokoh tersebut dibangun dari 700 gulungan jerami. Hebat dan kreatif, kan?

Ikuti selalu informasi properti unik dan menarik lainnya hanya di UrbanIndo.com :)

Rumah Jerami yang Ramah Lingkungan Part 1

Kondisi alam yang berubah-ubah membuat para ahli berpikir untuk membuat teknologi  ramah lingkungan agar alam tetap terjaga. Termasuk yang dilakukan oleh para arsitektur ini. Mereka merancang bangunan dari bahan jerami dengan tujuan selain ekonomis, bahan jerami ternyata memiliki fungsi yang baik untuk tempat tinggal. Berikut adalah salah satu hasil dari rancangan mereka :

1. Rumah Hobbit

hobbit-house

Anda yang menyukai film Hobbit pasti tahu rumah ini. Ya, sang pemilik ternyata benar-benar membuat rumah yang ditempati oleh 13 kurcaci pada film fantasi tersebut. Dales membuat rumah tersebut dalam waktu 4 bulan dengan menggunakan bahan baku bangunan yang sangat tradisional dan ramah lingkungan, yaitu dahan pohon, jerami dan bebatuan.

Detail gambar rumah Hobbit

           Detail Gambar Rumah Hobbit

Rangka atap rumah Hobbit

                                                Rangka Atap Rumah Hobbit

Konstruksi atap

                         Pembangunan Konstruksi Atap Rumah Hobbit

Rumah yang berada di Wales, Inggris ini dibangun dengan peralatan seadanya seperti palu, gergaji dan juga alat pahat. Sehingga tidak heran bila harga rumah ini hanya £3000 atau sekitar  USD 5000 . Sangat murah namun sangat lengkap dengan kamar tidur, dapur, hingga perapian ditengah hunian. Atap dan lantai dibuat dengan menggunakan jerami sehingga dapat menyerap energi matahari lebih banyak.

Suasana hangat di dalam Rumah Hobbit

                                        Suasana Hangat di dalam Rumah Hobbit

2. Rumah Jerami ModCell’s yang Menakjubkan

Rumah Jerami ModCell’s

                                                  Rumah Jerami ModCell’s

Siapa yang menyangka bahwa rumah ini dibangun dengan bahan dasar jerami. Rumah yang dibangun oleh perusahaan Mod’Cell ini berdiri kokoh dengan dinding berbahan jerami lokal dan kayu PEFC. Hasilnya adalah dinding rumah lebih kuat dan juga kedap udara. Perusahaan Mod’Cell tidak menghasilkan limbah apa pun selama proses pembuatan dinding kayu tersebut. Rumah ini sangat cocok untuk dibangun di lokasi yang bersuhu rendah karena bahan jeraminya yang membuat ruangan terasa lebih hangat.  Dapat di desain secara modern dengan model yang bertingkat.

Rumah Jerami ModCell’s

                                         Interior dalam Rumah Jerami ModCell’s

Rumah Jerami ModCell’s

                                Ruang Keluarga Rumah Jerami ModCell’s

Rumah Jerami ModCell’s

                                     Tangga Sederhana Rumah Jerami ModCell’s

Ikuti artikel selanjutnya untuk inspirasi rumah jerami model lainnya :)

UrbanIndo Style: Kreasikan Jendela Anda

‪#‎UrbanIndoStyle‬ Kreasikan Jendela Anda

Hai Urbanites!

Bosan dengan jendela ruangan Anda? Ingin melakukan kreasi yang berbeda?

#UrbanIndoPick kali ini bisa menjadi jawabannya. Kami menghadirkan beberapa kreasi menarik mengenai sentuhan hiasan untuk jendela Anda.

Anda memiliki kain serbet seperti di gambar ini? Anda dapat menghiasinya dengan menggantungkan kain serbet tersebut. Design ini menimbulkan kesan ceria dari berbagai macam motifnya.

Kreasikan Jendela Anda

Menarik bukan? Ayo coba dan kreasikan sendiri sesuai dengan seleramu :)

Eric Noah: Graffiti – dari Hobi jadi Profesi

Corat-coret tembok ?? Mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa menggambar dengan media tembok terkesan kotor dan kurang kerjaan. Tapi siapa sangka, di tangan dingin pemuda ini, beberapa sudut Kota Bandung terlihat indah. Ya, dia adalah Eric Noah, pria yang sempat menghebohkan Indonesia dengan menggambar 9 (sembilan) wajah personil SNSD asal Korea di beberapa titik sentral di Kota Bandung.

Kegemaran menggambar sudah dimiliki pemilik nama lengkap Eric Christian ini sejak kecil. “Sebenernya sih dari kecil udah seneng banget corat-coret. tapi masuk ke graffiti dan mural ini baru mulai tahun 2008 an.” ungkapnya saat bertemu dengan Tim UrbanIndo.com. Dari sekedar hobi bisa menjadi sebuah profesi yang cukup menjajikan sebagai Graffiti Artist. “Dari keluarga kurang setuju sih, katanya jadi tukang gambar gak bisa dapet duit banyak ha ha ha.” tutur pria yang banyak menerima job hingga ke luar kota seperti Jakarta, Serpong hingga Surabaya.

Eric Noah, Seniman Graffiti dari Kota Bandung

Eric Noah, Seniman Graffiti dari Kota Bandung

Mungkin tidak banyak orang yang tahu apa itu mural dan graffiti. “Perbedaan graffiti dan mural itu bisa dilihat dari segi bahan. Graffiti itu pakai pilox atau spray sedangkan Mural itu menggunakan cat tembok dan memakai kuas”. Hasil gambarnya pun akan terlihat berbeda, dimana graffiti hasil gambarnya lebih smooth sedangkan untuk mural terlihat agak kasar.”Blending dengan spray itu hasilnya smooth dan terlihat halus, kalo pake cat lebih lama dan perpaduan warnanya terbatas.” tutur pria penyayang anjing ini.

Hasil gambar salah satu anggota SNSD, Sooyoung di Stasiun Kereta Api Bagian Barat, Bandung, yang sengaja Eric Noah buat sebagai hadiah ulang tahun Sooyoung

Hasil gambar salah satu anggota SNSD, Sooyoung di Stasiun Kereta Api Bagian Barat, Bandung, yang sengaja dibuat sebagai hadiah ulang tahun Sooyoung

Beberapa karya graffiti Ko Eric -sapaan akrab Eric Noah-, dapat dilihat di tembok Stasiun barat dan Timur Kota Bandung, di daerah Setrasari dan Kantor UrbanIndo.com di Jalan Cihampelas serta beberapa titik umum di Kota Bandung.

Eric Noah saat Menggambar Graffiti di Kantor UrbanIndo.com, Jl. Cihampelas - Bandung

Eric Noah saat Menggambar Graffiti di Kantor UrbanIndo.com, Jl. Cihampelas – Bandung

Karya Eric Noah di Mujigae - Serpong,Tangerang

Karya Eric Noah di Mujigae – Serpong,Tangerang

Bahkan belakangan ini, pemuda lulusan Desain Komunikasi Visual ini juga mendapat tawaran untuk menggambar hunian pribadi seperti rumah atau apartemen.”Untuk graffiti di dalam rumah, menyesuaikan dengan tipe, dekorasi dan karakter pemilik. Dan yang paling penting, enak dilihat.” cerita pria berkacamata yang memulai aksi menggambarnya ini pada salah satu basement universitas swasta di bilangan Pasteur, Bandung.

Hasil karya Graffiti yang paling membanggakan dengan tembok yang cukup besar di bilangan Setrasari, Bandung

Hasil karya Graffiti yang paling membanggakan dengan tembok yang cukup besar di bilangan Setrasari, Bandung

Anjing, Binatang Kesayangan tak luput Diabadikan dalam Salah Satu Karya Eric Noah

Anjing, Binatang Kesayangan tak luput Diabadikan dalam Salah Satu Karya Eric Noah

Impian terbesar pria penggemar Darbortz ini adalah menggambar graffiti di tembok gedung minimal 5 lantai atau apartemen di Kota Bandung, “One day, Saya pengen nggambar di gedung, alasannya ya karena bidangnya lebih luas, jadi puas gitu nggambarnya. Selai itu, kan biar lebih dikenal orang ha ha ha.” cerita Ko Eric dengan bersemangat.

Terima kasih atas kesediaan waktu Ko Eric, semoga impiannya segera terwujud :D

So, Urbanites, tertarik dengan graffiti? atau ingin rumahmu dihiasi graffiti-graffiti unik dan lucu? Kamu bisa menghubungi Ko Eric Noah disini.
Kunjungi UrbanIndo.com untuk menemukan informasi menarik di dunia properti.

3 Hal yang Harus Anda Perhitungkan Ketika Membeli Properti untuk Disewa

house-for-rent

Siapa sih yang tidak menginginkan penghasilan tambahan yang bisa didapatkan secara berkelanjutan dengan cara yang mudah? Tentu saja semua orang menginginkannya! Banyak orang memulai bisnis online dengan modal kecil hingga menyewakan properti miliknya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika Anda belum memiliki properti yang siap untuk disewakan, pastinya Anda harus mencari hunian yang dapat Anda beli untuk disewakan nantinya. Sebelum Anda membeli properti untuk disewa, pikirkan terlebih dahulu beberapa hal yang akan mempengaruhi keputusan Anda perihal pembelian hunian untuk disewakan. Berikut adalah ketiga hal yang harus Anda pertimbangkan.

1. Harapan Anda akan Jumlah Uang yang Didapatkan dari Penyewaan

Sebelum Anda menyewakan properti, cari tahu berapa harga pasaran yang sesuai dengan lokasi dan kualitas dari properti yang ingin Anda beli tersebut. Hal ini tentunya sangat penting agar Anda tahu harga sewa pada umumnya sekaligus memperkirakan keseimbangan antara harga beli dan uang sewa yang nantinya akan Anda dapatkan.

Contoh:

- Anda membeli rumah dengan harga Rp. 300.000.000,-
- Sesuai dengan penelitian harga sewa rumah di area sekitar yang Anda lakukan, Anda bisa mendapatkan sekitar Rp. 1.500.000,- per bulan
- Sesuai dengan perhitungan, maka Anda akan mendapatkan Rp. 18.000.000,- per tahun.

Hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah perhitungan pengeluaran tahunan yang harus dikeluarkan sebagai pemilik properti. Tentunya hal ini menjadi penting agar Anda tidak mengalami kerugian.

740548_1_article660x420_740548_1_org_B821187664Z.1_20130226154825_000_GLE13IGAI.1_0

2. Pengeluaran Tahunan

Ada 2 jenis pengeluaran tahunan, yakni pengeluaran tetap dan pengeluaran tak terduga. Pada pengeluaran tetap, Anda akan mengeluarkan uang untuk membayar pajak, asuransi, maintenance secara rutin dan berbagai perbaikan properti yang harus dilakukan secara rutin.

Sedangkan pada pengeluaran tak terduga, Anda bisa mempersiapkan dana darurat jikalau ada berbagai kejadian tak diinginkan terjadi. Misalnya kerusakan pada AC, pemanas air, dan lain-lain.

Dengan berbagai kemungkinan tersebut, Anda sebaiknya menyediakan dana sama besarnya dengan dana pengeluaran tetap

Jika Anda mengalokasikan dana untuk pengeluaran tetap sebesarRp.3.000.000,-, maka Anda harus menyediakan dana untuk pengeluaran tak terduga sebesar Rp. 3.000.000,- juga. Jika anggaran ini dihitung per tahun, berarti Anda hanya akan mendapatkan Rp. 12.000.000,- per tahun ( biaya sewa yang Anda dapatkan per tahun Rp. 18.000.000,- – pengeluaran tetap per tahun Rp. 3.000.000,- – biaya tak terduga per tahun Rp. 3.000.000,-)

Perlu diingat bahwa perhitungan ini hanya berlaku jika ada orang yang menyewa properti Anda. Jika tidak, berarti Anda harus membiayai pengeluaran tahunan itu dari kantong Anda sendiri. Apakah Anda sanggup menutupi pengeluaran tahunan tersebut?

house-keys-and-money

3. Resiko dari Membeli Properti untuk Disewa

Sebelum Anda membeli properti, perhitungkan berbagai resiko yang mungkin akan Anda hadapi berikut ini:

- Selama beberapa jangka waktu tertentu, mungkin tidak ada orang yang ingin menyewa properti Anda.
- Pada saat Anda baru membeli properti tersebut, Anda harus mendesain interior properti Anda dengan baik.
- Anda mungkin harus mengusir orang yang menyewa properti Anda karena terjadinya berbagai masalah yang tidak diinginkan.
- Anda mungkin harus memperbaiki beberapa bagian dari properti Anda karena pihak yang menyewa tidak menyebabkan berbagai kerusakan pada properti Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, mungkin ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan lembaga yang bisa mengurus masalah properti sehingga bisa membantu Anda mendapatkan penyewa dengan kualitas yang baik sehingga properti yang disewakan tetap dalam keadaan baik dan kerjasama dengannya pun akan berjalan dengan baik pula.

Memiliki properti yang disewa tentu bisa menjadi sumber pendapatan tetap yang baru bagi Anda. Namun, Anda tetap harus mengerti segala hal yang berkaitan dengan properti tersebut sebelum membelinya.

Sebagai tambahan, jika Anda benar-benar berminat untuk berinvestasi di bidang properti, sebaiknya Anda membaca berbagai buku yang berhubungan dengan binsis bidang properti. Cari buku-buku yang memberikan tips praktikal sehingga bisa langsung terasa manfaatnya bagi Anda. Jangan lupa untuk banyak berkonsultasi dengan orang-orang yang terbiasa bergelut di bidang properti agar Anda mengerti berbagai sudut pandang serta pro dan kontra pada setiap pilihan yang tersedia.

Selain itu, Anda juga bisa mendesain banner yang baik untuk mempromosikan properti yang Anda sewakan. Dengan desain banner yang baik, Anda bisa menarik perhatian orang-orang yang mencari hunian pada area tersebut. Semoga dengan pembahasan ini, Anda bisa membeli properti yang tepat dan segera menemukan orang yang ingin menyewa properti milik Anda. Semoga sukses!

Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang Part 1

Banjir yang melanda Kota Jakarta awal tahun 2014 lalu, masih menyisakan persoalan bagi keluarga Pak Bani. Sertifikat rumah yang mereka tempati ikut hanyut terbawa banjir. Setelah beberapa bulan, istri Pak Bani baru menyadari bahwa salah satu dokumen berharga mereka hilang.

Serifikat Tanah yang Hilang

Serifikat Tanah yang Hilang

Jika Anda pernah mengalami situasi seperti Pak Bani diatas, jangan kuatir. Sertifikat tanah & rumah yang hilang, baik karena bencana banjir/kebakaran ataupun sebab lainnya, Anda dapat mengajukan permohonan penggatian sertifikat tersebut ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dimana lokasi properti terdaftar.
Berikut prosedur dan langkah kepengurusan sertifikat tanah & rumah yang hilang:

1. Membuat surat laporan kehilangan di Kantor Polisi

Pengajuan surat kehilangan dilakukan oleh pemilik (orang yang namanya tercantum pada sertifikat). Untuk laporan kehilangan, pemohon harus melengkapi beberapa persyaratan, yaitu:
a. Foto Copy KTP pemohon
b. Foto Copy sertifikat (jika memiliki)
c. Surat keterangan domisili dan kepemilikan dari Kantor Kelurahan
d. Bukti pengumuman kehilangan pada surat kabar

Setelah melengkapi persyaratan tersebut, pihak kepolisian akan mengeluarkan surat kehilangan dan surat Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

2. Melakukan pemblokiran sertifikat di Kantor BPN

Setelah mendapatkan surat kehilangan dan BAP, Anda dapat mengajukan surat pemblokiran sertifikat ke Kantor BPN dengan melampirkan foto copy sertifikat dan foto copy identitas pemilik sertifikat. Setelah itu, BPN akan melakukan pencatatan pada buku tanah, sehingga selama proses pemohonan sertifikat pengganti berlangsung sertifikat aman.

3. Pengajuan Sertifikat Pengganti di Kantor BPN

Berikut prosedur mengurus Sertifikat Pengganti:
a. Mengisi berkas permohonan pergantian sertifikat
Melengkapi persyaratan, seperti:
- Foto Copy KTP pemohon
- Foto Copy sertifikat (jika memiliki)
- Bukti Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir
- Surat kehilangan dan BAP dari kepolisian
- Surat Kuasa apabila diwakilkan
b. Pengambilan sumpah pemilik sertifikat di hadapan Kepala Kantor Pertanahan.
Setelah pengambilan sumpah, pihak BPN akan mengumumkan berita acara pengambilan sumpah ke media cetak. Apabila selama kurun watu 1 (satu) bulan tidak ada sanggahan atau gugatan dari pihak lain, proses pergantian sertifikat bisa dilanjutkan.
c. Pengukuran ulang di lapangan oleh petugas BPN apabila terjadi perubahan surat ukur lama dengan kondisi fisik tanah & bangunan sekarang.
d. Penerbitan Sertifikat Pengganti
Waktu penerbitan sertifikat pengganti berjarak 3 (tiga) bulan setelah pengajuan permohonan.

Semoga uraian singkat diatas dapat membantu Urbanites, nantikan tulisan mengenai Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang Part 2 hanya di UrbanIndo.