Jauh dari Target. Rakyat Kecil Jadi Sasaran Tax Amnesty?

Masih dengan bahasan mengenai tax amnesty properti yang menuai pro dan kontra. Wah, kira-kira ada apa lagi, ya? Kabarnya, tax amnesty ini jauh dari target yang telah ditentukan, bahkan sampai ada hashtag #StopBayarPajak. Temukan informasi lanjutnya dalam artikel ini!

Apa Itu Hashtag #StopBayarPajak?

Belum lama ini para netizen mulai khawatir akan tax amnesty yang akan berdampak negatif pada rakyat kecil. Kekhawatiran inilah yang membuat banyak netizen mengampanyekan untuk menolak bayar, sehingga akhirnya muncul hashtag #StopBayarPajak di media sosial Twitter. Bahkan, hashtag ini sempat menjadi trending topic di Indonesia.

Melalui hashtag #StopBayarPajak, netizen menilai pemerintah Indonesia tidak berlaku adil karena memberikan pengampunan pajak terhadap pemilik harta yang besar. Tidak hanya itu, para netizen pun khawatir apabila rakyat kecil akan diwajibkan membayar pajak.

Menanggapi hal ini, keluarlah Peraturan Dirjen Pajak nomor 11 tahun 2016. Di dalam peraturan ini dijelaskan beberapa poin yang salah satunya mengenai kewajiban mengikuti program tax amnesty. Disebutkan bahwa setiap lapisan masyarakat memang berhak mengikuti program ini, namun bukan berarti diwajibkan.

Sampai saat ini, pihak Direktorat Jenderal Pajak masih terus menyosialisasikan tax amnesty kepada wajib pajak. Bukan hanya agar semua orang cepat membayar, gencarnya sosialisasi pun dilakukan mengingat periode tarif tebusan termurah akan berakhir pada September 2016.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis