DIY: Mengubah Gembor Bekas Jadi Pajangan Sekaligus Tempat Makanan Burung

Mendengar kicauan burung di pagi hari kerap membuat diri kita jadi relaks. Apalagi jika suara merdu itu berasal dari halaman sendiri. Ah… rasanya jadi enggak pengen keluar rumah dan terus bersantai bersama keluarga.

Mendengar suara burung ingin, tapi peliharanya malas? Tenang saja Urbanites. Kamu bisa kok memanggil hewan-hewan mungil ini ke rumah dengan membuat sebuah bird feeder. Tidak perlu menggunakan bahan yang mahal karena gembor alias penyiram tanaman bekas pun bisa diubah.

Selain jadi bird feeder alias tempat makanan burung, gembor ini pun bisa jadi pajangan manis untuk halaman belakang rumahmu lho. Mau tahu bagaimana membuatnya? Katherina Rumambi, Instagramer yang fokus membahas seputar green home styling berbagai caranya untukmu nih. Simak yuk!

Bahan & Alat:

Burung

Menurut Katherina, dana yang dikeluarkan untuk membuat bird feeder ini tidak akan membuat kantong bolong kok. Beberapa di antaranya pun bisa kamu temukan pada tumpukan barang bekas di rumah. Ini dia yang harus kamu persiapkan:

  • Gembor alias tempat penyiram tanaman bekas dan tidak terpakai lagi
  • Kawat tali, kamu bisa membelinya di toko material dengan harga Rp6 ribu
  • Batu alam putih berbentuk kerikil, harganya sekitar Rp8 ribu satu bungkus. Namun jika kamu sudah punya di rumah, ambil segenggam lalu cuci bersih
  • Daun plastik, harganya sekitar Rp40 ribu per meter
  • Pelet burung secukupnnya

Cara Pembuatan

  1. Siapkan gembor yang sebelumnya sudah kamu cuci bersih dan keringkan.
  2. Masukkan batu kerikil hingga bagian bawahnya tampak terisi penuh, sisihkan dulu.
  3. Potong kawat tali secukupnya dengan menggunakan gunting atau tang baja. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai ujung kawat melukai tanganmu ya!
  4. Lilitkan kawat pada handle gembor lalu buat bentuk bulat sebagai media gantungan tempat makanan burung.
  5. Gantungkan gembor yang sudah diisi dengan batu ke dinding halaman yang telah dipasangi paku.
  6. Hias gembor dengan menggunakan daun plastik panjang di atasnya supaya tempat tersebut tampak alami dan menarik pandangan burung.
  7. Tahap terakhir, masukkan makanan burung yang sudah kamu persiapkan ke dalamnya.

Bird feeder simpel dan murah-meriah pun siap menghiasi halaman rumahmu. Semoga ide DIY ini bermanfaat dan bisa kamu praktikkan di rumah ya!

Ingin melihat ide serta inspirasi green home styling lainnya dari Katherina? Kunjungi saja akun Instagramnya @lievekathy.

Jangan lupa, kunjungi juga blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan ulasan menarik seputar dunia properti lainnya.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis