Ini Rumah yang Bisa Dibeli dengan Fasilitas BPJS. Pahami Syaratnya Juga Yuk!

Saat ini banyak dari Anda pasti mengantongi kartu BPJS Ketenagakerjaan (TK). Selain menjaminkan perlindungan bagi para pekerja, kartu ini pun tenyata punya kesaktian lain, yaitu memberikan pinjaman pembiayan rumah bagi para pemegangnya.

Pinjaman pembiayan rumah itu sendiri pun cukup bervariasi. Ada empat layanan yang ditawarkan yaitu bantuan uang muka, kredit konstruksi pembangunan rumah tapak, bantuan pembiayaan renovasi, dan yang terakhir Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Buat Anda yang ingin mengajukan KPR ringan dengan menggunakan BPJS TK, ada beberapa hal yang perlu diketahui, termasuk lokasi rumah yang bisa dibeli. Ini dia penjelasannya lebih lanjut.

KPR Subsidi dan Non Subsidi

Layanan KPR yang disediakan untuk para pemegang Kartu BPJS TK ini terbagi dua, yaitu KPR subsidi dan juga non subsidi. Suku bunga yang dipatok untuk cicilan pun sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Hal yang menjadi nilai tambah dari fasilitas bantuan pemerintah ini ialah, masyarakat juga bisa mengajukan pinjaman KPR untuk rumah-rumah non subsidi. Suku bunganya sendiri menyesuaikan dengan kebijakan bank penyalur, yakni Bank BTN ditambah dengan margin BI rate sebesar 3%.

Syarat Mengajukan

Ternyata tidak semua pemegang Kartu BPJS TK yang dapat memanfaatkan program bantuan pemerintah ini. Hanya mereka yang sudah terdaftar sebagai peserta aktif selama minimal satu tahun yang bisa mengajukan KPR ini.

Selain hal tersebut, ada beberapa ketentuan lain seputar pengajuan KPR ini, yaitu:

  • Rumah yang akan dibeli merupakan rumah pertama dari sang peserta
  • Harga rumah subsidi sesuai ketentuan pemerintah, non subsidi maksimal Rp500 juta
  • Pasangan yang keduanya terdaftar sebagai anggota aktif hanya dapat mengajukan satu pihak saja sebagai pemohon
  • Tenor maksimal yaitu 20 tahun.

Ini Dia Lokasinya

Setelah mengetahui seluruh penjelasan mengenai program serta persyaratan mengajukannya, saatnya Anda mencari rumah yang pas dengan budget yang dimiliki. Jika sebelumnya UrbanIndo sudah memberikan beberapa pilihan rumah murah di bawah Rp 200 juta, berikut pilihan rumah dengan harga maksimal Rp500 juta.

  • Bogor

Bogor merupakan daerah yang cukup sering dipilih sebagai tempat tinggal di luar Jakarta. Di kota ini, Anda bisa menemukan rumah dengan harga sekitar Rp300 jutan-an hingga Rp500 juta. Salah satunya berada di Perumahan Acropolis, Cibinong Bogor.

Rumah-rumah yang dengan harga tersebut memiliki tipe 36/60 hingga 41/71. Beberapa pilihan rumah tersebut bisa Anda lihat di sini.

  • Depok

Wilayah Depok juga menawarkan beragam pilihan rumah non subsidi dengan desain minimalis dan tipe yang beragam. Rumah-rumah tersebut umumnya berisikan tiga kamar tidur dengan satu kamar mandi dan ukuran luas yang cukup. Lihat pilihannya di sini.

  • Tangerang

Para pemegang kartu BPJS KT yang ingin mencari rumah non subsidi di kawasan Tangerang, Panorama Sepatan bisa dijadikan pilihan yang menarik. Selain harganya masih di bawah Rp500 juta, perumahan ini pun terletak di dekat Bandara Internasional Soekarno Hatta. Anda dapat melihat pilihannya di sini.

  • Bekasi

Berbagai pilihan rumah non subsidi di Bekasi dengan harga di bawah Rp500 juta bisa Anda temukan di sini. Rumah yang bisa Anda dapatkan dengan range harga tersebut mulai dari tipe 36 dan berada di lokasi yang beragam.

  • Karawang

Karawang sebagai kota industri merupakan kawasan potensial dan mulai dilirik banyak orang. Anda pun bisa menemukan rumah-rumah non subsidi dengan harga Rp300 juta-an di beberapa area. Cari rumah idaman yang sesuai dengan budget Anda di sini.

Semoga informasi yang UrbanIndo berikan dapat bermanfaat bagi Anda sekalian, Urbanites.

Terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya seputar dunia properti.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis