Bau Kandang Hewan Tetangga Tercium Sampai ke Rumah, Solusinya?

Tetangga Anda ada yang memelihara hewan dan baunya sampai ke rumah? Kalau seperti ini, tentunya harus mengambil langkah tepat agar hubungan Anda dengan sang tetangga pun tetap berjalan baik. Apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya:

Pada dasarnya, kehidupan bertetangga haruslah rukun satu sama lain. Jika ada masalah seperti itu, sebaiknya memang diselesaikan terlebih dahulu dengan cara kekeluargaan. Apabila cara kekeluargaan tak kunjung berhasil, maka langkah akhir yang bisa ditempuh adalah upaya hukum.

Pemilik Hewan dapat Digugat

Perlu Anda ketahui bahwa jika merasa dirugikan dengan bau kandang hewan tetangga, maka Anda bisa menggugat sang pemilik. Gugatan ini tentunya dilakukan agar sang pemilik memiliki rasa tanggung jawab. Hal ini pun tercantum dalam Pasal 1368 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Isinya: 

“Pemilik seekor binatang, atau siapa yang yang memakainya, adalah, selama binatang itu dipakainya, bertanggung jawab tentang kerugian yang diterbitkan oleh binatang tersebut, baik binatang itu ada di bawah pengawasannya, maupun tersesat atau terlepas dari pengawasannya.”

Berdasarkan aturan tersebut, dapat dilihat bahwa sang pemilik wajib bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hewan peliharaannya. Sang pemilik pun harus memastikan bahwa semua orang yang tinggal di sekitar tidak akan merasa terganggu.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis