Pensiunan PNS Bisa Tinggal di Rumah Dinas. Syaratnya?

Anda tentu pernah mendengar pemberitaan mengenai pensiunan PNS yang diusir dari rumah dinas. Beberapa di antaranya tentu ada yang menolak untuk pindah. Sebenarnya, apakah bisa seorang pensiunan PNS tinggal di rumah dinas?

Aturan Penghunian Rumah Dinas

Rumah negara atau yang lebih dikenal sebagai rumah dinas adalah bangunan yang dimiliki negara dan berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga serta menunjang pelaksanaan tugas Pejabat dan/atau Pegawai Negeri.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa rumah dinas ini terdiri dari tiga golongan, yaitu:

1. Rumah Negara Golongan I

Rumah negara yang dipergunakan bagi pemegang jabatan tertentu dan karena sifat jabatannya harus bertempat tinggal di rumah tersebut, serta hak penghuniannya terbatas selama pejabat yang bersangkutan masih memegang jabatan tertentu tersebut. Rumah Negara Golongan I dapat disebut sebagai rumah jabatan.

2. Rumah Negara Golongan II

Rumah negara yang mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu instansi dan hanya disediakan untuk didiami oleh Pegawai Negeri dan apabila telah berhenti atau pensiun rumah dikembalikan kepada Negara. Rumah Negara Golongan II dapat disebut sebagai rumah instansi.

3. Rumah Negara Golongan III

Rumah negara yang tidak termasuk Golongan I dan Golongan II yang dapat dijual kepada penghuninya.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis