Ungkapin Rasa Sayangmu untuk Si Dia dengan Bantal Hati Ini

Di hari valentine nanti, sudah menyiapkan apa nih Urbanites untuk si dia atau orang-orang terkasih lainnya. Selain doa yang tulus, kado terbaik untuk mereka adalah benda buatanmu sendiri. Bagaimana kalau kali sekarang kamu membuat bantal hati yang simpel ini?

Serius! Membuat bantal hati ini super simpel kok. Walau harga bahan-bahannya murah, kalau kamu yang buat sendiri sih dijamin hasilnya enggak murahan. Lihat bahan dan cara membuatnya di bawah ini yuk.

Alat & Bahan:

KADO VALENTINE

  • Kain katun warna merah atau jenis lainnya yang cocok untuk pembungkus bantal
  • Setrika dan alasnya
  • Gunting dan pisau
  • Penggaris
  • Palet lukis atau piring datar
  • Kentang mentah
  • Tisu masak
  • Cat lukis warna putih dan merah
  • Alat jahit lengkap
  • Mesin jahit
  • Bantal siap pakai dengan ukuran 40×40 cm atau sesuai dengan ukuran yang diinginkan

Cara Membuat:

  1. Panaskan setrika dengan setting panas medium, siapkan kain yang sudah kamu sediakan, lalu setrika permukaannya untuk menghilangkan kusut. Proses ini akan memudahkan kamu pada tahap penjahitan nantinya.
  2. Setelah disetrika, bentangkan kain lalu potong dengan ukuran masing-masing 80 cm. Lalu, lebihkan masing-masing sisinya sepanjang 2 cm.
  3. Tandai dengan menggunakan kapur jahit lalu gunting simetris. Sisihkan kain dan bantal.
  4. Potong kentang yang sudah dicuci bersih menjadi dua bagian. Ukir bagian tengahnya dengan bentuk hati dengan menggunakan pisau kecil. Serap kandungan airnya dengan tisu masak. Sisihkan.
  5. Tuangkan cat lukis putih pada piring atau palet dalam jumlah yang cukup banyak setelah itu campurkan cat merah cukup satu tetes saja. Aduk-aduk sehingga warna putih berubah menjadi kemerahan.
  6. Bentangkan koran bekas di atas lantai diikuti kain yang telah digunting sebelumnya.

  1. Ambil kentang yang telah diukir, celupkan permukaannya pada palet cat, lalu stempel kain di bagian yang kamu inginkan.
  2. Ulangi proses stempel pada bagian-bagian yang diinginkan. Jika sudah selesai biarkan cat mengering selama beberapa jam dan jangan disentuh.
  3. Jika sudah kering, balikkan kain lalu kamu bisa langsung menjahitnya dengan menyatukan tiap bagian ujungnya seperti tengah membuat amplop. Jangan lupa untuk memilih benang yang warnanya senada dengan kain.
  4. Setelah proses menjahit selesai, kembali balikkan permukaan kain lalu masukkan bantal yang sudah kamu persiapkan.

Bantal hati pun siap kamu kirimkan untuk yang tersayang. Sebelum itu, bungkus ia dengan menggunakan plastik bening dan pita agar lebih menarik ya.

Semoga ide DIY yang UrbanIndo berikan kali ini dapat bermanfaat bagimu. Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan ulasan seru lainnya.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis