7 Daerah Ini Mirip Kota Besar, Temukan Harapan Beli Rumah Murah di Sini!

Akhir-akhir ini media sosial tengah diramaikan dengan kabar hunian seharga Rp350 juta di Kota Jakarta yang diutarakan salah satu calon gubernurnya. Banyak reaksi yang muncul, kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa hunian berupa rumah murah tersebut merupakan hal yang mustahil.

Bukan rahasia lagi jika harga hunian di kota-kota besar semakin melonjak. Ketersedian rumah tapak berkondisi baru dengan harga di bawah Rp350 juta pun sudah jarang tersedia. Itu sebabnya orang-orang yang bekerja di kota besar memilih untuk mencari rumah murah di daerah lain yang tak jauh dari sana.

Tujuh daerah di bawah ini merupakan beberapa pilihan yang layak diperhitungkan juga di Indonesia. Letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota, fasilitasnya lengkap, serta ketersediaan rumah baru dengan konsep minimalis (tipe 36, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi) yang relatif lebih murah pun masih berlimpah.

Depok

Depok merupakan salah satu kota di sekitar kawasan Jakarta yang cukup diperhitungkan. Walau masuk dalam wilayah Jawa Barat, kota ini ternyata hanya berjarak sekitar 20 km dari Jakarta Selatan. Masyarakat pun dapat menggunakan transportasi umum berupa KRL dan bus yang terintegrasi dengan Trans Jakarta.

Selain lokasinya yang tak begitu jauh, salah satu perguruan tinggi ternama yaitu Universitas Indonesia yang diincar banyak orang pun terletak di kota ini. Tak heran jika banyak masyarakat yang menyasar Depok sebagai kota tinggal.

Anda bisa menemukan beberapa rumah murah berkisar antara Rp250 juta hingga Rp350 juta untuk dijadikan hunian masa depan tersebut di sini.

Beberapa kota lain yang patut diperhitungkan di daerah sekitar Jakarta ialah Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, dan juga Bogor.

Ungaran

Tidak seperti Semarang, Ungaran memiliki udara sejuk sehingga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Wilayah yang letaknya sekitar 20 km dari pusat kota Semarang ini pun dinilai segera menjadi area yang diincar orang-orang. Anda bisa menemukan rumah minimalis dengan harga terjangakau di daerah ini lho. Cari tahu pilihan rumah-rumah tersebut di sini.

Padalarang

Padalarang merupakan salah satu wilayah di Bandung Barat yang semakin dilirik oleh masyarakat Kota Kembang dan sekitarnya. Jaraknya ke ibu kota Jawa Barat memang cukup jauh yaitu 23,4 km. Namun akses jalan tol manjadikan Anda bisa menempuhnya dengan lebih cepat.

Pamor Padalarang semakin mencuat sejak dibangunnya Masjid Al Irsyad hasil karya Ridwan Kamil sebelum menjabat sebagai wali kota Bandung. Beberapa pilihan rumah murah tipe 36 di sekitar daerah tersebut dapat Anda temukan di sini.

Beberapa area sekitar Kota Bandung lainnya yang dapat dijadikan pertimbangan ialah Kota Cimahi dan Jatinangor. Kedua daerah ini juga menjadi pilihan yang dipertimbangkan oleh warga Kota Bandung untuk dihuni.

Sidoarjo

Perlu Anda ketahui, Bandara Internasional Juanda bukanlah terletak di Surabaya, melainkan di Sidoarjo. Dibandingkan dengan Kota Surabaya, Sidoarjo juga memiliki fasilitas kota yang juga maju seperti hotel, pusat perbelanjaan, dan bahkan tempat wisata tradisional yang khas.

Jarak antara Sidoarjo dan Surabaya sekitar 25 km bukan hal besar karena masyarakat dapat menempuhnya dengan BRT dan juga komuter. Apabila tengah mencari rumah murah di sekitar kawasan Sidoarjo, lihat di sini.

Gowa

Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, merupakan kota di bagian timur Indonesia yang semakin maju dari tahun ke tahun. Tak ayal, harga rumah di sekitar kota ini pun semakin mahal. Walau begitu, Anda dapat mencari rumah murah di daerah perbatasan Kabupaten Gowa dengan Kota Makassar.

Anda dapat mencapai pusat kota Makassar dari perbatasan Kabupaten Gowa hanya dalam hitungan menit, termasuk ke rumah sakit besar dan pusat perbelanjaan terkenal Mal Panakukang. Lihat beberapa rumah bertipe minimalis dengan harga terjangkau di Gowa pada tautan ini.

Kuala Namu

Beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2014, Bandara Internasional Kualanamu diresmikan. Sejak saat itu, daerah yang letaknya sekitar 30 km dari Kota Medan ini menjadi makin terkenal dan diincar karena kehadiran fasilitas tersebut.

Walau begitu, rumah murah dan terjangkau dengan tipe 36 masih bisa Anda temukan di sekitarnya. Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda lihat di UrbanIndo seperti berikut ini.

Sleman

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri atas beberapa kota yaitu Yogyakarta sebagai ibu kota, Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Jika mencari kota tinggal dengan rumah murah di sekitarnya, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Sleman.

Jarak antara kedua kota ini cukup dekat yaitu sekitar 11 km, waktu tempuh yang dibutuhkan pun relatif singkat. Beberapa pilihan rumah tersebut tersebut dapat Anda temukan di sini. Selain Sleman, Kota Bantul pun dapat Anda perhitungkan sebagai tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau.

Semoga ulasan UrbanIndo kali ini dapat memberikan insight dan membantu Anda dalam menemukan rumah impian dengan harga murah.

Terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo yuk untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya seputar dunia properti.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis