Wajib Lapor 1×24 Jam. Aturan Hukumnya?

Di lingkungan tempat tinggal biasanya terdapat aturan wajib lapor 1×24 jam bagi pendatang. Apakah di lingkungan tempat tinggal Anda juga ada? Nah, sebenarnya seperti apa aturan hukumnya? Supaya lebih jelas, kita bahas aturannya dalam artikel ini!

Berkaitan dengan Fungsi RT/RW

Memangnya apa sih dasar aturan adanya wajib lapor 1×24 jam? Ternyata aturan ini berhubungan erat dengan Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (Permendagri). Perlu dipahami juga bahwa Rukun Tetangga (RT) merupakan sebuah lembaga yang dibentuk berdasarkan hasil musyawarah warga setempat.

Hal tersebut diatur dalam Pasal 1 angka 10 Permendagri No.5 Tahun 2007. Dalam Permendagri tersebut pun tercantum bahwa RT/RW memiiki fungsi:

  1. Pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya;
  2. Pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga;
  3. Pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat; dan,
  4. Penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

Berdasarkan fungsi tersebut, dapat dilihat bahwa poin kedua (b) berhubungan dengan aturan wajib lapor 1×24 jam. Dapat disimpulkan bahwa wajib lapor 1×24 jam berupakan bentuk upaya pemerintah setempat untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kerukunan.

Diterapkan Pada Peraturan Daerah

Adanya Permendagri No.5 Tahun 2007 dan tingkat kejahatan yang semakin tinggi, aturan wajib lapor 1×24 jam ini banyak diterapkan di berbagai daerah. Penerapan ini tentunya disertai dengan masuknya aturan tersebut dalam peraturan daerah (Perda) setempat.

Kita ambil contoh di beberapa daerah. Di Kota Malang, terdapat Perda No.8 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Sistem Ketenteraman dan Ketertiban Lingkungan Masyarakat. Pengendalian dan sistem informasi ini dilaksanakan oleh pemerintah kota melalui Satpol PP, Polres Kota, dan Kodim Kota Malang.

Selanjutnya, dikutip dari hukumonline.com, aturan wajib lapor 1×24 jam pun ada dalam Peraturan Kabupaten (Perkab) Sumedang No.7 tahun 1994. Berikut isi aturannya:

“Tamu wajib lapor atas kedatangannya ke Kelurahan/Desa melalui RT, RW dalam jangka waktu selambat-lambatnya 1×24 jam untuk dicatat dengan menunjuk surat jalan atau Kartu Tanda Penduduk Daerah asal.”

Belum Efektif Diterapkan

Meski sudah diterapkan di berbagai daerah melalui sebuah peraturan, ternyata wajib lapor 1×24 jam ini masih dianggap seperti “angin lalu”. Kenapa? Pada kenyataannya, masih banyak yang tidak mematuhi aturan ini.

Padahal, adanya aturan ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih aman. Kira-kira kenapa peraturan ini belum diterapkan dengan baik? Hal ini tentunya disebabkan oleh tidak adanya dukungan dari setiap elemen, baik itu masyarakat maupun pejabat setempat.

Kesadaran masyarakat yang rendah membuat setiap orang malas untuk melakukan lapor 1×24 jam. Selanjutnya, ada juga beberapa pejabat lingkungan setempat yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Belum lagi tidak adanya sanksi keras tentunya membuat aturan ini menjadi cukup diabaikan di beberapa wilayah.

Nah, apa tanggapan Anda mengenai aturan wajib lapor 1×24 jam ini? Semoga aturan ini dapat berjalan dengan baik dan tingkat keamanan jadi lebih meningkat!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis