Dekorasi Shabby Chic di Ruang Tamu Minimalis, Kenapa Tidak?

Apakah Anda sudah tahu dekorasi shabby chic? Dekorasi yang satu ini mengedepankan konsep feminin dan ramai akan berbagai aksesori pendukung. Meskipun demikian, dekorasi shabby chic ini pun bisa Anda terapkan di ruang tamu minimalis, lho!

Tentukan Konsep

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan konsep ruangannya. Jika sudah matang ingin menerapkan shabby chic, maka Anda pun harus menentukan akan menggunakan warna apa yang mendominasi ruangan tersebut. Perlu diingat bahwa shabby chic sendiri mengusung konsep feminin.

Warna apa yang identik dengan warna feminin? Tentunya Anda akan menjawab pink dan ungu. Nah, Anda juga bisa memadukan kedua warna tersebut dengan warna kalem lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Agrie Sintia.

Ibu yang sudah memiliki satu orang anak ini memiliki ruang tamu berkonsep shabby chic di rumah minimalisnya. Diakui olehnya, konsep ini muncul ketika dirinya sedang mencari ide untuk mendekorasi ulang interior rumahnya.

“Saya ‘kan suka warna ungu dan sepertinya lucu kalau di rumah ada wallpaper bunga-bunga ungu, lalu saya terapkan di ruang tamu dan akhirnya muncullah tema shabby chic,” ujar Agrie Sintia.

Kombinasikan Wallpaper

Cara paling mudah untuk menghadirkan tema shabby chic dalam sebuah ruangan adalah menggunakan wallpaper bermotif bunga-bunga. Seperti yang kita tahu bahwa ketika memutuskan untuk menggunakan wallpaper, tentu harus menyiapkan budget cukup besar.

Meskipun demikian, tidak perlu bingung karena hal ini bisa disiasati dengan cara mengombinasikannya menggunakan cat dinding. Sudah ada yang membuktikannya! Lihat saja ruang tamu milik Agrie Sintia yang mengombinasikan wallpaper dengan cat dinding.

“Penggunaan wallpaper sendiri tentu dapat diukur terlebih dulu agar tidak kurang atau lebih. Selanjutnya, wallpaper ini bisa dikombinasikan dengan cat dinding senada untuk menekan pengeluaran,” tutur Agrie sambil menunjukkan bagian dinding ruang tamu miliknya.

Gunakan Furnitur Putih

Luas lahan yang terbatas di ruang tamu minimalis tentunya harus disiasati agar terasa lebih luas. Salah satunya adalah dengan menggunakan furnitur berwarna putih. Penggunaan warna putih pada ruangan sempit ternyata mampu menimbulkan kesan luas.

Agrie Sintia sendiri menyiasatinya dengan mengaplikasikan warna putih pada furnitur yang ada di ruang tamu miliknya. “Usahakan pilih furnitur yang dominan warna putih karena bisa membuat rumah minimalis terlihat lebih luas,” tutur Agrie.

Bukan hanya furnitur kayu, Agrie juga mengganti kursi yang ada di ruang tamunya menjadi warna putih. Sebelumnya, kursi miliknya berwarna cokelat tua dan ia merasa warna tersebut malah membuat ruangan tampak sempit dan juga sulit dikombinasikan dengan tema shabby chic.

Minimalisir Penggunaan Furnitur

Anda pasti setuju kalau ruang sempit harus diimbangi dengan penggunaan aksesori yang terbatas. Nah, lalu bagaimana jika ingin menerapkan tema shabby chic? Padahal yang kita tahu bahwa konsep yang satu ini membutuhkan banyak aksesori.

Khusus untuk ruang tamu berukuran minimalis, sebaiknya jangan ditambahkan dengan meja pada bagian tengahnya. Konsep tersebut pun diterapkan oleh Agrie Sintia pada ruang tamunya yang berukuran sekitar 4×5 m².

“Ruang tamu saya berukuran 4×5 m², jadi gak ada meja di depan kursi dan saya pindahkan ke bagian pinggir agar (ruangan) lebih luas,” jelas Agrie.

Agrie juga menuturkan bahwa penggunaan meja bisa saja diterapkan pada bagian tengah ruangan, namun ukurannya harus disesuaikan lagi. Jangan menggunakan meja berukuran terlalu besar, tapi gunakanlah meja kecil untuk menyimpan gelas dan hidangan tamu.

Pilih Aksesori yang Tepat

Nah, kalau wallpaper yang digunakan sudah bertema bunga, maka aksesori seperti apa yang cocok untuk digunakan? Jika kita lihat ruang tamu milik Agrie Sintia, ia menggunakan beberapa aksesori pada bagian kursi dan dindingnya.

Pada bagian kursinya, ada beberapa bantal yang dilengkapi dengan sarung bantal bermotif dan berwarna ungu serta merah muda. Kemudian pada bagian dinding, Agrie pun melengkapi rumahnya dengan hiasan sederhana berupa jendela.

Ada satu tips untuk Anda dari Agrie Sintia, “Sebenarnya kita gak usah membeli yang terlalu mahal, bisa juga membuatnya sendiri biar lebih murah. Pokoknya harus bisa bandingkan lebih murah mana antara beli dengan membuatnya sendiri”.

Tertarik memiliki ruang tamu cantik seperti milik Agrie SintiaYuk, lakukan beberapa dekorasi di atas!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis