Onie: Anak Band yang Juga Berprofesi Sebagai Agen Properti Independen

Dunia properti kerap dijadikan ladang mencari nafkah sampingan oleh banyak orang. Ada yang memiliki pekerjaan utama sebagai pebisnis, marketing bank, mengurus rumah tangga, hingga anak band seperti agen Onie dari Jakarta. Ingin tahu kisah menarik dari musisi yang satu ini? Simak kisah lengkapnya yuk.

Onie, itulah nama kecil dari Syaukani, agen independen yang sehari-hari menggarap iklan properti di area Jakarta Selatan dan sekitarnya. Mengawali perbincangan dengan UrbanIndo beberapa waktu lalu, Onie bercerita bahwa dirinya sudah terjun di dunia properti sejak 2,5 tahun lalu.

Ia mengatakan, pada awal tahun 2015 pasar properti tengah ramai-ramainya. Ketika itu dirinya diajak oleh kerabat untuk membantu menjualkan properti dan langsung mendapatkan closing. Dirinya pun semakin tertarik.

“Sebenarnya saya iseng sih nyobain jualan properti waktu itu. Ternyata bisa langsung dapat closing. Lumayan penghasilan yang didapatkannya makanya saya sampai sekarang lanjut terus walau lagi sepi juga,” tuturnya.

Hal yang menarik dari Onie, ternyata selain berprofesi sebagai agen properti dirinya memiliki pekerjaan utama sebagai anak band. Di dalam band-nya tersebut, ia merupakan seorang pemain drum. Kendati memiliki dua profesi, mengatur waktu untuk keduanya bukanlah sebuah masalah.

Onie mengatakan, selama ini ia tidak pernah bermasalah dalam menjalankan keduanya. Mula dari pagi menjelang sore ia dapat mengantarkan calon klien dan mengurus iklan-iklan propertinya. Menjelang malam, ia pun menjalankan profesinya sebagai entertainer.

“Mudah saja sih untuk mengatur waktunya. Pekerjaan di bidang properti yang saya jalani ini sungguh fleksibel. Sementara itu profesi sebagai anak band juga biasanya saya jalankan mulai sore menjelang malam hari. Di tengah-tengah itu, saya juga masih sempat cari properti untuk diiklankan,” tambah Onie.

Trik Marketing Sebagai Agen Independen

Sejak 2,5 lalu, Onie mengaku sudah berhasil menjual sekitar 15 properti, angka yang cukup banyak untuk ukuran agen independen. Walau dirinya tidak bergabung dalam suatu perusahaan terkenal, cukup banyak calon klien yang minta bantuannya untuk menjual atau mencari properti.

Menurut Onie, trik dan kuncinya ialah komunikasi yang baik. Ia berusaha sebaik mungkin untuk membuat calon klien yang datang kepadanya merasa nyaman. Ketika mereka sudah merasa nyaman, maka bukan tidak mungkin akhirnya jadi tertarik untuk membeli properti padanya.

Semua ilmu soal properti dan marketing Onie pelajari secara otodidak. Ia tidak sungkan untuk bertanya langsung kepada sesama agen sambil membaca beberapa sumber informasi dan juga mengamati para kliennya selama ini.

Ia pun tak ragu memanfaatkan profesinya sebagai anak band untuk mencari celah dalam memperbanyak kliennya.

“Saya selalu mau buat mereka nyaman saat melakukan komunikasi. Ada dulu, awalnya dia tidak tertarik beli properti. Lama-kelamaan karena merasa nyaman saat berkomunikasi dan berdiskusi soal properti, akhirnya ia pun tertarik untuk beli properti,” tambahnya.

Memanfaatkan UrbanIndo untuk Beriklan
Anak Band

Onie mengatakan, UrbanIndo sudah menemaninya sejak awal terjun ke dunia properti. Sejak saat itu pun ia telah merasakan manfaat positifnya baik dari segi respon maupun kemudahan dalam mengunggah iklannya.

Ia mengaku, selama ini seluruh iklan yang ia masukkan diurus dengan tangannya sendiri. Baik itu judul, penjelasan, dan juga gambar properti yang dimasukkan ia pilih sendiri. Menurutnya, jika kualitas iklan yang ia masukkan baik, respon yang didapatkan pun akan cenderung positif.

“Tidak ada trik khusus sebenarnya. Hanya saja saya memerhatikan pemilihan kata dan juga gambar. Untuk gambar sendiri, saya ambil fotonya pada jam-jam tertentu saat cahaya masih bagus sehingga rumah dapat tampak dengan jelas. Saya juga selalu menonjolkan sisi menarik dari rumah tersebut sendiri,” ujar Onie menambahkan.

Walau masih berprofesi sebagai anak band, dirinya punya mimpi besar yaitu bisa menjadi developer properti di masa depan. Mari kita doakan Urbanites, agar cita-cita agen Onie terwujud.

Terbukti bukan, apa pun profesi utama Anda, terjun sebagai agen properti bisa saja dilakukan dengan mudah. Langsung saja, bergabung dengan UrbanIndo, situs properti nomor satu di Indonesia yang sudah memiliki 1 juta iklan properti aktif!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis