Sarung Bantal Ajaib, Bikinnya Enggak Perlu Dijahit! Mau Tahu Caranya?

Membuat sarung bantal merupakan hal yang mudah dan simpel, apalagi jika kamu mahir menggunakan mesin jahit. Pola yang digunakan tidak terlalu rumit, proses pengguntingannya pun tidak memakan waktu. Sesimpel itu? Ya, beneran kok!

Buat kamu yang enggak bisa menjahit, bisa juga kok membuat pembungkus bantal. Dijamin unik, karena bahan yang digunakan berasal dari baju bekasmu. Mau tahu caranya? Simak langkah-langkah DIY kreasi UrbanIndo di bawah ini yuk.

Bahan & Alat

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sarung bantal tanpa proses jahit ini simpel dan mudah ditemukan. Bahkan, mungkin pembuatan DIY satu ini tidak memakan biaya sama sekali. Ini dia beberapa bahan dan alat yang perlu kamu sediakan.

  • Beberapa buah bantal sofa berbentuk persegi dari ruang tamu rumahmu.
  • Sedikit catatan, jika tidak punya bantal tersebut, kamu bisa membelinya di pasar atau penjual keliling dengan harga yang relatif murah.
  • Beberapa buah baju berbahan kaos yang sudah tidak digunakan. Bolong sedikit? Tidak mengapa kok, Urbanites! Kamu pasti akan menemukan cara untuk menutupi dan menyembunyikannya.
  • Spidol
  • Gunting
  • Jarum pentul

Cara Membuat

Simak cara pembuatan sarung bantal ajaib di bawah ini dengan seksama ya, mudah kok.

  1. Siapkan kaos bekas lalu letakkan bantal pada bagian atasnya.

Sarung Bantal

  1. Ambil gunting lalu potong bagian kerah dan juga lengan sehingga kain yang bersisa memiliki bentuk persegi.
  2. Potong pula bagian sisi samping dan atas kaos dengan ukuran yang sama untuk memudahkan proses selanjutnya.
  3. Langkah berikutnya, gunakan spidol lalu buat garis pola mengikuti ukuran bantal yang berada di atas bantal.
  4. Setelah itu, angkat bantal dan sematkan jarum pentul pada sisi-sisi kaos yang telah dipotong untuk memudahkan proses pengguntingan.
  5. Potong bagian pojok kain dengan bentuk siku-siku sehingga membentuk potongan kain seperti ini:


Sarung Bantal

  1. Setelah proses itu, lanjutkan proses dengan menggunting sisi kain yang bersisa dengan bentuk persegi panjang. Lakukan proses hingga seluruh bagian sisa kaos yang tersisa terpotong.
  2. Lepaskan sematan jarum pentul lalu buka kaus dan tempatkan bantal yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Tutup kembali lipatan kaos sehingga bantal tertutupi seluruhnya. Kamu juga bisa menggunakan jarum pentul kembali untuk membuat bantal tetap tertempel dengan baik dengan kaos.
  3. Sisa kain kaos yang telah dipotong persegi tadi berfungsi untuk membuat bantal tertutupi. Caranya, tali ujung potongan satu dengan potongan yang ada di sebelahnya. Lakukan proses ini hingga seluruh potongan habis.

Sarung Bantal

Mudah bukan membuatnya? Kamu bisa menggunakan kaos bekasmu dengan gambar yang beragam sebagai sarung bantal. Hasilnya pasti keliatan unik deh. Selamat mencoba!

Lihat step by step DIY ini dengan lebih jelas pada video di bawah ini yuk:

Terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo yuk untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya seputar dunia properti.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis