Barang Hilang di Tempat Kost? Ini Tanggung Jawab Pemilik Kost

Kehilangan barang di tempat kost nampaknya bukan sesuatu yang asing. Anda pernah mengalaminya? Sebenarnya sampai di mana sih kewajiban pengelola dan pemilik kost? Yuk¸ kita bahas bersama!

Tergolong Penginapan

Apa yang pertama kali terbayang ketika mendengar “tempat kost”? Seperti yang kita tahu, tempat yang satu ini mulai banyak dibutuhkan seiring berkembangnya sebuah wilayah. Tempat kost pun akan banyak ditemukan di daerah perkotaan yang dekat dengan pusat pendidikan dan perkantoran.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa yang dimaksud dengan indekos adalah tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa makan (dengan membayar setiap bulan). Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat kita ketahui bahwa rumah kost tergolong sebagai penginapan.

Kewajiban Pemilik Kost

Saat barang Anda hilang di tempat kost, apa yang dilakukan? Mengurusnya sendiri ke kepolisian? Sebenarnya apakah bisa meminta bantuan sang pemilik atau pengelola kost? Nah, dalam hal ini ternyata ada aturannya. Dalam Pasal 1709 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata), pemilik kost bertanggung jawab atas barang yang dibawa oleh siapapun yang menginap.

Berikut isi Pasal 1709 KUHP:

“Pengelola rumah penginapan dan losmen, sebagai orang yang menerima titipan barang, bertanggung jawab atas barang-barang yang dibawa tamu yang menginap di situ. Penitipan demikian dianggap sebagai penitipan karena terpaksa.”

Selanjutnya, dalam Pasal 1710 KUH Perdata pun disebutkan bahwa pemilik penginapan atau kost memang bertanggung jawab atas rusak atau hilangnya barang milik yang menginap. Tanggung jawab ini tetap berlaku meski yang melakukannya adalah orang luar. Berikut isi pasalnya:

“Mereka bertanggung jawab atas hilangnya atau rusaknya barang-barang tamu, yang dicuri atau dirusak, baik oleh pelayan dalam rumah penginapan itu atau buruh lain maupun oleh orang luar.”

Bisa Dituntut dengan Pasal Ini

Apabila barang hilang karena kelalaian dari pemilik atau pengelola kost, ternyata sang pengelola atau pemilik bisa diminta untuk memberikan ganti rugi. Contoh kelalaiannya dapat berupa tidak dikuncinya pagar kost atau membiarkan pagar terbuka.

Hal ini tercantum dalam Pasal 1365 KUH Perdata. Isinya:

 “Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.”

Selanjutnya, didukung juga oleh Pasal 1366 KUH Perdata yang berisi:

“Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan kelalaian atau kesembronoannya.”

Nah, berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika kehilangan sesuatu di tempat kost, maka bisa minta pertanggungjawaban pengelola atau pemilik kost yang lalai. Kemudian bagi Anda yang merupakan pengelola dan pemilik kost, bisa lebih berhati-hati untuk menjaga keamanan tempat kost.

Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis