Wacana Pajak Progresif Apartemen Kosong Ditunda, Apa Alasannya?

Beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa akan ada pajak progresif apartemen dan lahan di Indonesia. Ternyata pajak yang satu ini tidak jadi direalisasikan dalam waktu dekat. Kira-kira apa penyebabnya?

Pasar Properti Lesu

Setelah sebelumnya sempat menjadi perdebatan, akhirnya wacana mengenai pajak progresif apartemen dan lahan ini resmi ditunda. Jangka waktu penundaan ini pun belum dapat dipastikan karena masih ada beberapa hal yang harus disiapkan dan dipertimbangkan.

Berdasarkan informasi yang diambil dari cnnindonesia.com, Salah satu penyebab wacana ini tidak jadi direalisasikan adalah lesunya pasar properti di Indonesia terhitung sejak awal tahun 2017. Jika wacana ini dipaksakan, maka bukan tidak mungkin bahwa industri properti akan jadi terpuruk.

Selain lesunya pasar properti, ada pertimbangan lain terkait penundaan ini yaitu belum matangnya rumusan kebijakan dari pajak progresif tersebut. Belum ada bahasan mendalam mengenai kriteria dari apartemen dan tarif yang akan dikenakan.

Wacana yang satu ini juga nampaknya belum menjadi fokus pemerintah. Pasalnya, pemerintah Indonesia masih fokus terhadap pertanahan yang masuk dalam reforma agraria. Di dalamnya terdapat kebijakan ekonomi berkeadilan, yaitu menerbitkan lima juta sertifikat tanah untuk masyarakat miskin.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis