Bukan Sekadar Cantik, Ini Kekuatan Super yang Dimiliki Desain Atap Hijau

Desain atap hijau alias green roof bukanlah hal yang umum diterapkan di Indonesia. Memang ada beberapa atap yang kerap ditumbuhi tanaman rambat, namun sebenarnya hal tersebut tidak masuk dalam konsep green roof.

Menerapkan jenis atap ini pada rumah jelas akan memberikan dampak visual yang sangat menarik. Sebenarnya, bukan hanya itu tujuannya. Ternyata ada berbagai kekuatan super yang dapat dinikmati pemilik rumah dan orang di sekitar jika menggunakan atap tersebut. Ini dia ulasan lengkapnya.

Perlindungan Api
Atap Hijau

Salah satu manfaat privat jika menggunakan jenis atap ini ialah sebagai peredam suara, sebagai penyekat yang baik, dan juga sebagai pereduksi energi yang memengaruhi suhu pada ruangan. Tidak hanya itu, tapi juga dapat menahan suhu panas ekstrim sehingga dapat mencegah timbulnya api dan kebakaran.

Menggunakan Media Tanam
Atap Hijau

Atap hijau umumnya didesain mendatar seperti pada rumah-rumah minimalis modern masa kini. Bentuk seperti ini dinilai lebih memudahkan untuk membuat media tanam dari tumbuhan yang akan dibiarkan berkembang.

Atap jenis ini sendiri sebenarnya dibagi menjadi tiga macam yaitu intensif, eksentif, dan juga biodevirsal. Hal yang membedakan ketiganya ialah jenis media tanam serta tumbuhan yang dapat berkembang di atasnya.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis