Havilla: Agen Independen Asal Solo yang Getol Closing Tiap Bulan

Geliat bisnis properti di Kota Solo dan sekitarnya ternyata cukup menjanjikan bagi banyak pihak, termasuk Havilla Devanata. Agen independen yang tak sengaja tercebur ke dunia jual beli properti ini hampir tiap bulan bisa dapat closing, lho! Havilla berbagi beberapa tipsnya kepada UrbanIndo sebagai berikut.

Dua tahun lalu, tepatnya sekitar tahun 2015, agen Havilla membantu sang adik untuk menjual bangunan gudang yang dimilikinya. Tidak hanya dari mulut ke mulut, ia pun mengiklankan gudang tersebut lewat media sosial yang dimilikinya. Setelah berhasil closing, ternyata dirinya kebanjiran titipan properti.

Menurut Havilla, ketika itu banyak orang yang menghubungi dirinya untuk minta dibantu. Kebanyakan dari mereka tinggal di luar kota dan punya investasi properti di Kota Solo. Awalnya ia pun bingung mengapa ia mendapatkan permintaan tersebut.

“Para owner luar kota tersebut menghubungi saya dan mengaku percaya. Bahkan ada pula dari mereka yang tidak sungkan untuk menitipkan kunci rumah yang akan dijual pada saya. Katanya, supaya calon pembeli bisa melihat-lihat rumah tersebut. Pokoknya mereka tahu jadi saja,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Havilla pun masih menangani iklan-iklan properti titipan dari pemilik luar kota. Walau ia tidak berada di bawah naungan sebuah perusahaan properti, Havilla punya trik jitu agar dapat dipercaya para klien.

Trik tersebut ialah memberikan servis yang memuaskan dan juga prinsip memegang kepercayaan dari owner serta calon pembeli yang menggunakan jasanya. Dirinya selalu berkomunikasi sebaik mungkin pada para klien, tidak pernah neko-neko, dan juga selalu terbuka serta apa adanya.

“Servis yang utama. Jika mereka sudah nyaman dengan kita, janga terlena. Kita sebagai agen pun harus punya prinsip untuk memegang kepercayaan yang telah klien berikan. Dua hal itu adalah kuncinya,” tutur Havilla ketika dihubungi UrbanIndo beberapa waktu lalu.

Kini, tercatat telah puluhan properti yang berhasil ia jual di Kota Solo dan sekitarnya. Ada pula beberapa jenis properti yang berhasil ia sewakan berkat kerja keras dan prinsipnya tersebut.

Dua Job, Namun Semuanya Serius

Profesi sebagai agen independen ternyata bukan satu-satunya pekerjaan yang ia tekuni. Aslinya, Havilla merupakan seorang wiraswasta di Kota Solo. Walau begitu, ia mengaku dapat menjalani kedua pekerjaannya dengan baik dan tanpa masalah.

“Mudah saja kok mengaturnya. Mulai pagi hingga siang, saya berada di pabrik melayani konsumen yang datang. Di sela-sela itu dan setelahnya, saya kerap mencari properti, memasukkan iklan ke situs properti, dan juga menemani calon buyer yang ingin melihat rumah,” timpal Havilla.

Pekerjaannya di bisnis lain pun sedikit terbantu karena kini ia telah memiliki beberapa orang karyawan. Ada hal yang unik dari Havilla. Walau sibuk dengan dua pekerjaan, ia enggan untuk menyewa jasa admin atau meminta bantuan pihak lain untuk mengiklankan propertinya.

Havilla berpendapat, agen merupakan seniman sementara properti yang dijual ibarat karya yang mereka telurkan. Supaya orang dapat mengerti dengan karya tersebut, sang seniman haruslah bisa menjelaskannya sendiri.

Banyak Keuntungan dari UrbanIndo

Tak dapat diingkari, di era yang serba maju ini, internet merupakan salah satu kekuatan yang memudahkan para agen untuk beriklan. Salah satu situs properti terpecaya yang Havilla gunakan untuk beriklan ialah UrbanIndo.com

“Banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan sejak berkenalan dan menggunakan UrbanIndo. Banyak klien yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan iklan saya dari UrbanIndo,” aku Havilla.

Selain sudah dikenal banyak orang termasuk masyarakat Solo, UrbanIndo pun dapat ia gunakan dengan gratis. Fitur-fitur yang ditawarkan pun sophisticated namun tetap mudah digunakan. Itu sebabnya, ia terus mengandalkan UrbanIndo untuk beriklan properti.

Terbukti, UrbanIndo memang dapat diandalkan bukan, Urbanites? Semoga ulasan mengenai Havilla di atas dapat menginspirasi Anda sekalian.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis