Menggunakan Dekorasi Shibori di Rumah, Seperti Memandang Langit Setiap Hari

Baju tie-dye sempat menjadi tren dalam bidang fesyen termasuk dekorasi rumah beberapa waktu lalu. Warna cerah ceria dan coraknya yang unik memberikan kesan tersendiri saat digunakan. Namun, kamu sendiri tahu tidak soal keberadaan shibori yang rupa coraknya hampir mirip dengan tie-dye?

Dibandingkan dengan tie-dye, teknik perwarnaan kain ini memancarkan hasil yang lebih kalem namun tetap terasa cerah, seperti langit di siang hari. Itu karena warna utama yang digunakan ialah biru tua dan muda serta putih. Ingin menuangkannya sebagai dekorasi rumah? Berikut beberapa inspirasinya.

Sarung Cushion
Shibori

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan shibori? Cara pewarnaan kain ini aslinya berasal dari metode Jepang kuno dengan teknik gerakan memutar, mengikat, melipat, dan beberapa cara lain untuk menciptakan corak tertentu. Warna biru yang dihasilkan sendiri berasal dari tanaman indigo.

Salah satu contoh dekorasi yang mengadaptasi hasil teknik pewarnaan ini ialah sarung bantal sofa alias cushion. Memanfaatkan teknik yang berbeda pada kain sarung tersebut akan membuat tampilan sofa menjadi lebih dinamis.

Taplak Meja

SHIBORI

Menggunakan kain dekoratif berwarna deep blue hingga biru cerah ini memberikan kesan segar pada sudut rumahmu. Sejak beberapa tahun ke belakang, popularitasnya kian meningkat sebab dapat memberikan nuansa unik, nampak halus namun juga stunning di saat yang bersamaan.

Tirai Ruangan
Shibori

Bagi kamu yang senang dengan dekorasi rumah simpel namun bold, menggunakan tirai ruangan dengan coroak khas shibori merupakan pilihan yang tepat. Dijamin ruangan rumah tidak akan keliatan membosankan berkat guratan yang ditampakkannya.

Serbet Makan

Membuat kain dengan corak ini sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Memang, menemukan tanaman indigo untuk menghasilkan warna biru yang natural cukup sulit dilakukan. Namun begitu sekarang ‘kan sudah banyak pewarna kain dengan kualitas baik yang tak kalah kualitasnya.

Coba lakukan DIY ini dengan dekorasi yang mudah terlebih dulu, misalnya serbet makan yang potongan kainnya tidak terlalu besar. Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan antara lain, tali panjang, jepitan jemuran, pewarna baju, kain putih, dan sarung tangan karet.

Dekorasi Dinding
Shibori

Sekarang ini makin banyak pula produsen dekorasi rumah yang mengadaptasi corak unik yang satu ini. Bahkan sudah ada yang memproduksi wallpaper lho! Kamu pun bisa lebih mudah menuangkan cantik serta cerahnya shibori ke dalam ruangan.

Perlengkapan Tidur

Tahukah kamu, biru dan putih merupakan warna yang merepresentasikan unsur air yang erat dengan ketenangan. Itu sebabnya, menggunakan dekorasi yang satu ini di kamar tidur sebagai sprei, bed cover, dan juga sarung bantal adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Tidak hanya nyaman dan membantu badan lebih rileks, ruangan kamar tidur pun tampak lebih cerah dan menarik berkat dekorasi tersebut.

Pembungkus Kursi

shibori

Corak shibori yang sederhana namun cukup digemari ialah geometris. Tiap mewarnai kain, kamu tidak akan menemukan satu corak yang identik sama sebab bentuk teknik yang digunakan akan menghasilkan hal yang berbeda.

Itu sebabnya dekorasi semacam ini menarik sekali untuk dituangkan kepada berbagai macam aksesori rumah, termasuk pembungkus kursi yang tampak elegan di atas ini. Setuju ‘kan, Urbanites?

Semoga ide dekorasi yang UrbanIndo ulas kali ini dapat berguna untukmu. Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan inspirasi menarik lainnya ya!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis