Mudah Banget! Ini Lho Cara Membuat Pewarna Alami yang Aman

Dekorasi rumah berbahan dasar kain seperti tie-dye dan shibori mudah dibuat sehingga banyak orang yang mempraktikkannya. Umumnya, bahan pewarna yang digunakan untuk membuat kerajinan ini terbuat dari bahan kimia. Padahal, menggunakan pewarna alami lebih aman lho.

Pewarna dari bahan-bahan ramah lingkungan ini sudah banyak dijual di pasaran. Tapi, membuatnya sendiri pun bisa kamu lakukan. Nih, UrbanIndo beritahu cara mudah membuatnya untukmu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk.

Alat & BahanPewarna Alami

Pewarna Alami

  • Satu mangkok daun bayam, potong kecil
  • ½ mangkok kulit bawang merah
  • ¾ mangkok kopi bubuk, halus atau kasar
  • ½ mangkok kunyit bubuk
  • ¾ mangkok cuka putih
  • Panci ukuran sedang
  • Air bersih
  • Mangkok atau wadah kosong
  • Saringan
  • Kain yang akan diwarnai.

Cara Pembuatan

  1. Cincang daun bayam dan juga kulit bawang merah sehingga membentuk potongan yang lebih kecil. Semakin banyak bahan yang digunakan, semakin pekat pula warna alami yang dihasilkan.

Pewarna Alami

  1. Taruh salah satu bahan ke dalam panci, lalu tambahkan air bersih sebanyak dua mangkok lalu aduk merata.
  2. Panaskan air dan bahan pewarna alami dengan api medium selama 30 menit hingga satu jam. Jika warna yang diinginkan kurang begitu pekat, Anda bisa memanaskan campuran tersebut lebih lama lagi.
  3. Sedikit catatan untukmu, saat proses pembuatan pewarna alami ini, panci dan juga pengaduk yang digunakan akan ikut berubah warna. Oleh karena itu, disarankan menggunakan panci serta pengaduk yang telah lama.

Pewarna Alami

  1. Setelah mendidih, saring air yang telah berubah warna agar ampas dari bahan alami yang digunakan tidak bersisa.
  2. Selanjutnya, tuangkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:4 ke dalam panci, lalu masukkan kain yang akan diwarnai. Rebus setidaknya 30 menit. Proses ini membantu kain untuk menyerap warna lebih baik.
  3. Pada proses perebusan kain dengan cuka dan air, sebelumnya kamu bisa membuat pola pada kain dengan menggunakan teknik tie-dye atau

Pewarna Alami

  1. Tiriskan kain yang telah direbus, lalu masukkan ke dalam mangkok yang telah berisikan air rebusan yang telah berubah karena pewarna alami.
  2. Renda minimal 30 menit hingga kain berubah warna sesuai dengan keinginan.
  3. Setelah warna yang diinginkan cukup nampak, angkat kain, cuci dengan menggunakan detergen dan air lalu keringkan.
  4. Lakukan proses di atas untuk membuat pewarna alami lainnya. 

Pewarna Alami

Mudah ‘kan Urbanites? Coba praktikkan di rumah yuk!

Terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo ya untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya seputar dunia properti.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis