Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Rayakan Hari Bumi 2017, UrbanIndo Bagikan Reusable Bag Gratis di Bandung

Merayakan Hari Bumi 2017, UrbanIndo kembali mengadakan rangkaian acara #UntukBumiku. Bertajuk “Bumi Cantik Tanpa Plastik”, tahun ini UrbanIndo membagikan reusable bag gratis di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung pada Minggu (23/4).

Melalui acara ini, UrbanIndo peduli untuk bisa mengurangi sampah plastik yang tengah menjadi isu penting. Para pengunjung CFD berhak membawa pulang reusable bag jika menukarkan kantong plastik belanja mereka.

“UrbanIndo ‘kan bergerak di bidang properti yang erat kaitannya dengan rumah dan juga lingkungan, jadi kami ingin mengajak orang-orang sadar untuk peduli lingkungan, apalagi isu terbesar saat ini ‘kan sampah plastik,” ujar Gisela Kanya Prasidha selaku Public Relations UrbanIndo sekaligus panitia acara.

Ada beberapa pihak yang diajak bekerja sama yaitu Earth Hour Bandung, Jendela Alam, Perkusi Crescendo, dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP). Semua pihak yang turut serta tersebut melakukan long march untuk mengampanyekan cinta bumi dan mengajak semua orang menukarkan plastik atau botol bekas.

Masyarakat Kota Bandung terlihat sangat antusias dan banyak yang menukarkan kantong plastik dengan reusable bag gratis dari UrbanIndo. Salah satunya Iis, warga Bandung yang satu ini pun awalnya penasaran saat melihat stan UrbanIndo. “Bagus sih ada ini karena kresek ‘kan susah diurai, kalau ini (reusable bag) bisa disimpan dan dipakai lagi,” ujarnya.

Berbeda dengan Iis, Ratih sudah mengetahui informasi mengenai acara UrbanIndo melalui Instagram. Ia pun mengajak serta keluarga kecilnya untuk datang ke CFD. “Saya tertarik menukarkan karena lumayan, ya. Acaranya juga bagus karena bisa mengedukasi banyak orang juga untuk lebih melindungi bumi,” tuturnya.

UrbanIndo pun mendapatkan tanggapan positif dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung yang kebetulan ada di CFD. “Kami memang sedang menggalakkan pengurangan pemakaian kantong plastik di Bandung. Kalau hanya kami yang bergerak ‘kan memang terbatas, jadi memang butuh bantuan seperti ini,” ujar Fizi selaku pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung.

Menjaga Lingkungan Adalah Tugas Bersama

Meski sempat ada aturan mengenai kantong plastik yang berbayar, Adisa Ittaqa Soedarso dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik menuturkan bahwa masih perlu dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

“Isu ini (sampah plastik) memang cukup menarik perhatian di masyarakat. Saya senang UrbanIndo mengusuk tema yang berkaitan dengan kantong plastik dalam rangka merayakan Hari Bumi tahun ini,” ungkap Adisa Ittaqa Soedarso.

Para pendukung acara pun sangat aktif dan memberikan respons positif terhadap acara yang dibuat oleh UrbanIndo. Bukan hanya membuka stan masing-masing, para pendukung acara pun turut memberikan edukasi berupa workshop dan talk show kepada para masyarakat yang datang.

“Peduli lingkungan bukan hanya tugas komunitas, kami sendiri selama ini fokus ke energi tapi masalah plastik juga kami tangani. Senang sekali bisa diajak kerja sama dengan UrbanIndo karena kegiatan offline seperti ini ‘kan penting,” ujar Koordinator Harian Earth Hour Bandung Saepul Hamdi.

“Senang sekali bisa bekerja sama karena kegiatan kami dengan yang dikampanyekan UrbanIndo ini berhubungan. Jendela Alam sendiri menyediakan media tanam untuk pemanfaatan limbah botol,” tutur Deasi Amela selaku Public Relations Jendela Alam.

Bukan hanya aksi cinta lingkungan, UrbanIndo pun memberikan layanan konsultasi gratis bagi masyarakat yang berniat untuk mencari dan menjual properti hingga layanan KPR. Layanan ini pun mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Wahyu, salah seorang warga yang sedang datang ke CFD pun tertarik. Ia mengaku sedang mencari rumah di Bandung dan belum mengetahui UrbanIndo. “Saya lagi cari rumah di Bandung, ya merasa terbantu juga. Ini saya dikasih tahu aplikasinya, mudah-mudahan ada yang cocok” tuturnya.

Nah, seperti apa perayaan Hari Bumi yang Anda lakukan? Yuk, kita sayangi bumi mulai hari ini!