Ini Rinciannya! Jumlah dan Harga Rumah Subsidi di Setiap Provinsi

Program sejuta rumah nampaknya bukanlah sesuatu yang asing lagi. Program rumah subsidi yang satu ini merupakan bentuk komitmen Presiden Joko Widodo untuk menyejahterakan buruh Indonesia. Sebenarnya ada berapa banyak rumah yang dibangun di setiap provinsi?

Total Rumah Subsidi

Melalui Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), Presiden Joko Widodo membuat Program Nasional Sejuta Rumah Rakyat. Jumlahnya sendiri terdiri dari 603.516 unit rumah untuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan 396.484 unit rumah untuk masyarakat tidak berpenghasilan rendah.

Program ini menyediakan rumah bersubsidi dengan harga dan cicilan yang sangat terjangkau karena bebas PPN. Bukan hanya itu, pemerintah pun memberikan beberapa kemudahan lain bagi masyarakat, mulai dari besaran uang muka, bunga, dan jangka waktu pembayaran.

Uang muka rumah bersubsidi ini hanya 1% dari total harga rumah. Selanjutnya, bunga yang diberikan pun terbilang rendah yaitu hanya 5% untuk rumah rakyat dan 7,5% untuk perumahan komersial. Kemudian untuk jangka waktu pembayaran atau tenornya terbilang cukup lama yaitu hingga 20 tahun.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis