Sentuhan Ajaib yang Membuat Rumah Tampak Mewah, Penasaran?

Memiliki rumah mewah nampaknya menjadi dambaan bagi semua orang. Meskipun demikian…

Nyatanya harga rumah mewah sangatlah mahal, sehingga pada akhirnya banyak yang memutuskan untuk membeli rumah sesuai budget.

Anda mengalami hal ini?

Kalau begitu, tak perlu sedih dan berkecil hati. Anda tetap bisa memiliki rumah yang mewah, lho!

“Kok bisa? ‘Kan rumah saya kecil?”

“Bagaimana caranya?”

“Pasti tetap mahal, ya?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin akan muncul di benak Anda.

Tenang saja!

Dalam artikel kali ini, UrbanIndo akan memberikan cara mendekorasi interior rumah yang tepat untuk membuatnya tampak lebih mewah.

Penasaran ‘kan? Yuk, kita bahas per ruangan!

#1 MANJAKAN TAMU DENGAN DEKORASI MEWAH DI RUANG TAMU

Anda pasti setuju kalau ruang tamu adalah salah satu ruangan yang paling penting di rumah. Ruangan yang satu ini menjadi sebuah ruang untuk merepresentasikan seperti apa rumah kita.

Seperti yang kita tahu, banyak yang berlomba-lomba membuat ruang tamunya menjadi senyaman mungkin.

Tak jarang ruang tamu pun digunakan sebagai ruang keluarga.

Tentu Anda tidk ingin bukan mengecewakan tamu yang datang ke rumah?

Kalau begitu, cukup lakukan beberapa dekorasi mudah berikut ini:

Pilih Tema Warna yang Berkesan Mewah

Meski terkesan sederhana, ternyata pemilihan warna merupakan hal yang sangat penting dan harus ditentukan pertama kali untuk bisa membuat ruang tamu tampak mewah.

Warna apa yang tepat?

Anda sangat disarankan untuk memilih warna krem sebagai warna utama di ruang tamu. Bukan hanya menimbulkan kesan netral, warna krem juga mampu memberikan kesan mewah dan elegan.

Uniknya, warna yang lembut ini pun akan sangat cocok untuk dipadupadankan dengan warna lainnya.

Bukan hanya itu, warna krem juga akan sangat cocok jika disandingkan dengan berbagai barang mewah yang nantinya akan dipajang di ruang tamu.

Pilih Meja Bermaterial Kaca

Benda-benda yang terbuat dari kaca memang selalu mampu untuk mendukung kesan elegan dan mewah. Khusus untuk di ruang tamu, Anda bisa mengaplikasikannya pada meja.

Pilihlah meja bermaterial kaca. Tidak perlu semuanya terbuat dari kaca, cukup pilih meja yang dilapisi oleh kaca pada bagian atas permukaannya.

Nah, bagian penyangganya ini bisa Anda pilih mulai apakah materialnya kayu atau besi. Pemilihannya pun tentunya harus disesuaikan dengan konsep ruang tamu.

Gunakan Tirai Panjang Pada Jendela

Apabila diperhatikan, tirai panjang hanya digunakan pada rumah-rumah mewah. Kenapa tidak kita coba?

Meski rumah tidak terlalu besar, tak ada salahnya menggunakan tirai panjang di ruang tamu Anda.

Meskipun demikian, perhatikan hal ini:

Jangan pilih tirai yang memiliki motif terlalu ramai, seperti bunga-bunga.

Jangan pilih juga tirai yang berwarna putih polos.

Wah, lalu sebaiknya tirai seperti apa yang harus dipilih?

Sangat disarankan untuk memilih tirai tanpa motif dengan pemilihan warna yang cukup mewah, salah satu di antaranya seperti biru navy.

Tambahkan Beberapa Kuntum Bunga

Nampaknya bunga selalu menjadi primadona untuk mempercantik sebuah ruangan. Buktinya saja, bunga selalu kita temukan sebagai dekorasi.

Ternyata bunga pun mampu membuat tampilan ruangan menjadi lebih elegan.

Bunganya sendiri sebenarnya bebas, tidak ada aturan khusus untuk pemilihannya. Hal yang paling penting adalah pemilihan warna dari bunga tersebut.

Sebaiknya, pilihlah bunga yang berwarna netral, seperti putih dan kuning. Sangat disarankan untuk memilih bunga mawar karena bisa memberikan kesan yang sangat mewah.

Oh ya! Kalau Anda memilih untuk menggunakan bunga, maka harus rajin untuk memeriksa setiap bagiannya.

Jangan sampai ada bunga yang layu dan kering.

Bukan hanya bisa membuat tampilan ruangan menjadi tidak segar, bunga yang berguguran pun akan membuat ruang tamu menjadi berantakan.

Pakai Lampu Gantung, Kenapa Tidak?

Nah, penggunaan lampu gantung memang identik diaplikasikan pada rumah yang besar dan mewah. Ruang tamu Anda kecil? Tak masalah!

Anda tetap bisa menggunakan lampu gantung, hanya saja harus mampu memilih yang tepat. Sesuaikan ukuran lampu gantung dengan luas ruang tamu.

Modelnya pun kini sudah sangat beragam. Anda bisa menemukan lampu gantung yang unik di berbagai toko antik.

Modelnya pun beragam, mulai dari yang simpel hingga yang rumit. Apabila ingin membuat tampilan ruang tamu terlihat mewah, Anda harus memilih lampu yang didominasi oleh kaca.

#2 TIDUR LEBIH NYAMAN DENGAN NUANSA KEMEWAHAN

Kamar tidur seringkali dianggap sebagai “markas” bagi seseorang. Kenyamanan dari kamar tidur tentunya harus diperhatikan.

Kebanyakan orang menghabiskan waktu di kamar, baik untuk beristirahat, bersantai, hingga bekerja.

Kamar tidur yang nyaman tentu membuat istirahat menjadi lebih nyaman.

Kalau Anda ingin memiliki kamar tidur yang nyaman dan mewah, ternyata sangatlah mudah!

Tidak perlu mendekorasi ulang. Anda pun tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah yang besar. Ya, dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan kamar tidur mewah dengan cara yang sangat hemat.

Nah, Anda hanya perlu mengganti atau menghadirkan beberapa unsur berikut ini:

Aplikasikan Warna Baru

Salah satu cara untuk membuat kamar tidur tampak berbeda adalah dengan mengganti warna dasarnya. Apa warna dinding kamar tidur Anda?

Kalau warnanya tergolong cukup cerah, sebaiknya segera ganti menjadi warna netral yang bisa dipadupadankan dengan warna lainnya.

Sama halnya seperti ruang tamu, warna yang disarankan untuk diaplikasikan pada dinding kamar tidur adalah warna krem atau putih.

Warna ini nantinya bisa Anda padukan dengan warna lain, seperti kuning, emas, pink, atau bahkan biru.

Perlu diperhatikan bahwa perpaduan warnanya bukan pada dinding juga, melainkan pada aksesori yang ada di kamar, seperti bantal, selimut, atau hiasan meja.

Ganti Headboard yang Ada

Seperti yang kita tahu bahwa headboard adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tempat tidur. Pada umumnya, headboard dari tempat tidur terbuat dari kayu.

Kalau memang headboard tempat tidur Anda terbuat dari kayu, maka sebaiknya diganti dengan desain yang baru.

Salah satu caranya adalah dengan melepaskan headboard kayu dan mengganti bagian belakang tempat tidur dengan menempelkan cermin atau bisa saja melengkapinya dengan lukisan berukuran besar.

Tambahkan Karpet Berbulu

Kalau yang satu ini hanya bisa diapliaksikan pada kamar tidur yang cukup luas. Anda bisa mengaplikasikan karpet berbulu pada bagian bawah tempat tidur, di samping tempat tidur, atau bahkan di bagian bawah meja rias.

Lalu bagaimana jika ternyata kamar tidur sempit? Kalau seperti ini, sebaiknya bersihkan saja permukaan lantainya setiap hari.

Lantai yang bersih dengan keramik yang berkilau tentu akan menghadirkan nuansa mewah yang nyaman.

Aplikasikan Lampu Built In

Penggunaan lampu built in dengan warna yang temaram mampu memberikan kesan nyaman dan dramatis. Kesan seperti ini tentunya dapat membuat kamar tidur tampak lebih mewah.

Sayangnya, pembuatan lampu built in memang membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Tidak perlu bingung!

Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan lampu meja yang warnanya sama-sama redup. Nah, perhatikan pemilihan model lampu mejanya, ya!

Lengkapi dengan Tanaman Cantik

Membuat kamar menjadi tampak mewah, bukan berarti membiarkan kamar menjadi tampak tidak segar. Dalam hal ini, Anda bisa menambahkannya dengan tanaman cantik di dalam kamar.

Tidak perlu yang terlalu besar, cukup gunakan beberapa pot kecil untuk menyimpan tanaman di beberapa sudut kamar tidur.

Jika Anda tergolong malas, pilihlah tanaman yang perawatannya mudah dan memang khusus disimpan dalam ruangan. Beberapa di antaranya seperti kaktus dan bonsai.

Meskipun demikian, sebenarnya kamar akan jauh lebih cantik jika dilengkapi dengan bunga. Nah, kalau ini tentunya Anda harus rajin menggantinya ketika sudah layu, ya!

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan tanaman palsu karena malah akan menghilangkan kesan mewah pada kamar tidur.

#3 SENSASI MANDI MEWAH SEPERTI DI KAMAR HOTEL BINTANG LIMA

Tidak jarang seseorang pun betah untuk berlama-lama di dalam kamar mandi. Anda juga demikian?

Tentunya kalau betah berlama-lama, kamar mandi haruslah dibuat senyaman mungkin. Nah, kamar mandi yang nyaman ini biasanya kita temukan di hotel.

Nyatanya, Anda juga bisa lho memiliki kamar mandi semewah di hotel. Tidak percaya?

Eits… jangan berpikir kalau ini rumit!

Membuat tampilan kamar mandi mewah ternyata tidak sesulit itu. Hanya ada beberapa hal yang perlu Anda ganti dan tambahkan ke dalam kamar mandi.

Apa sajakah itu? Ini dia:

Gunakan Material yang Berkualitas

Hal yang satu ini memang sangat penting dan perlu diperhatikan. Jika Anda ingin memiliki kamar mandi yang mewah, tentu materialnya pun harus berkualitas.

Bukan hanya akan membuat tampilan kamar mandi menjadi cantik, material berkualitas pun tentu akan awet, sehingga Anda tidak perlu repot menggantinya.

Memang sih, ini akan membuat Anda mengeluarkan uang yang cukup besar. Hmm… tapi coba bandingkan!

Apabila Anda memilih material yang biasa dan mengharuskan Anda menggantinya dalam waktu dekat, tentu akan lebih boros bukan?

Aplikasikan Bathub

Adanya bathub di kamar mandi memang mampu membuat kamar mandi jadi terlihat lebih mewah. Lihat saja berbagai kamar mandi hotel pasti menggunakan bathub.

Jika Anda memang memiliki kamar mandi yang tergolong luas, maka tidak ada salahnya untuk menggunakna bathub di rumah.

Tidak harus mahal, lho! Penggunaan bathub yang murah, namun dengan desain yang menarik pun bisa membuat kamar mandi Anda menjadi terlihat lebih mewah.

Pada intinya, ini sangat ditentukan oleh model yang Anda pilih.

Gunakan Lampu Modern

Kamar mandi yang mewah dan elegan ternyata dapat dihadirkan melalui pemilihan lampu yang tepat. Perlu Anda ketahui bahwa sebuah pencahayaan dapat memengaruhi kesan dari sebuah ruangan.

Khusus untuk Anda yang ingin menghadirkan kamar mandi dengan suasana yang tenang, nyaman, dan elegan, maka bisa memilih pencahayaan yang temaram.

Sebenarnya, Anda bisa saja mengaplikasikan dua jenis lampu. Gunakanlah lampu yang bercahaya putih dan kuning. Pastikan keduanya bisa digunakan secara bergantian.

Lengkapi dengan Aksesori Terbaik

Pastikan Anda melengkapi seisi kamar mandi dengan aksesori dan fasilitas terbaik. Apa saja?

Jika Anda memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk menambahkan fasilitas pemanas air untuk kamar mandi.

Bukan hanya bathub, tapi lengkapi juga dengan shower.Ini akan membantu Anda ketika bosan atau tidak ada waktu untuk menggunakan bathub.

Apabila menggunakan sekat di kamar mandi, usahakan untuk menggunakan sekat kaca.

Aksesori sederhana lainnya yang bisa Anda tambahkan di kamar mandi adalah rak penyimpanan berdesain elegan. Rak yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan peralatan mandi.

Tambahkan Aromaterapi

Penggunaan aromaterapi pada kamar mandi pun mampu membuat suasana ruangan menjadi terkesan mewah. Kok bisa?

Hal ini disebabkan oleh penggunaan aromaterapi yang biasanya ada di tempat spa atau bahkan kamar hotel.

Sangat disarankan untuk menggunakan aromaterapi di kamar mandi. Simpanlah lilin aromaterapi pada bagian ujung kamar mandi. Cukup nyalakan ketika kamar mandi akan digunakan.

Kamar mandi yang wangi tentu akan membuat suasana mandi menjadi lebih rileks. Bukan hanya memberikan kesan rileks, kamar mandi pun akan terhindar dari lembap.

Sebenarnya, ini kunci pentingnya:

Kamar mandi Anda harus selalu dalam keadaan rapi.

Jika sudah didesain sedemikian rupa, namun tetap berantakan, maka tampilan kamar mandi yang mewah pun tidak akan terlihat.

#4 MASAK LEBIH ASYIK DAN MUDAH DENGAN DESAIN YANG MEWAH

Memasak merupakan kegiatan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan oleh para ibu rumah tangga. Tak jarang dapur memiliki kesan kotor, sehingga terkadang desainnya sering diabaikan.

Padahal jika dipirkan kembali, tempat yang satu ini merupakan “pabrik” pembuatan bahan makanan sehari-hari. Tentu harus selalu bersih ‘kan?

Sebenarnya, dapur yang memiliki desain rapi dan elegan akan membuat suasana memasak menjadi lebih menyenangkan.

Bagaimana caranya? Cukup lakukan ini:

Ganti Bagian Material

Seperti apa material dapur di rumah Anda?

Apakah terbuat dari kayu dan besi? Jika bukan atau sudah usang, sebaiknya diganti atau diperbaiki!

Sebenarnya sangat disarankan untuk menggunakan material kayu pada dapur. Material yang satu ini mampu menimbulkan kesan yang elegan.

Sudah menggunakan material kayu? Pastikan warnanya belum pudar!

Lapisi dengan cat kayu yang berkualitas tinggi untuk mempertahankan warna dan kualitasnya.

Gunakan Lampu Modern

Sama halnya dengan ruangan lain, penggunaan lampu pun memiliki dampak yang sangat baik bagi dapur rumah Anda.

Jika selama ini dapur Anda menggunakan lampu biasa, maka sebaiknya segera ganti menggunakan lampu yang lebih modern.

Beberapa pilihannya terdiri dari pedant lamp, chandelier, dan ceiling lamp.

Penggunaan lampu-lampu ini dijamin akan membuat

Tampilan dapur menjadi lebih mewah, terutama ketika malam hari.

Lengkapi dengan Beberapa Hiasan

Pada dapur-dapur yang mewah, biasanya terdapat hiasan dinding dan hiasan meja yang menarik. Kenapa tidak Anda aplikasikan juga di dapur?

Sebagai inspirasinya, Anda bisa memilih:

Lukisan, tanaman bonsai, patung berukuran kecil, cermin ukir, dan lainnya.

Tentunya hiasan ini perlu disesuaikan juga dengan konsep dapur di rumah Anda.

Tidak memiliki ruang lebih untuk menyimpan berbagai hiasan tersebut? Mudah!

Gunakan saja rak kayu yang dibuat menempel di bagian dinding.

Satu hal yang perlu dipastikan adalah dapur tidak menjadi terasa penuh sesak dengan adanya beragam hiasan tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan membuat rumah menjadi tampak lebih mewah?

Jika waktu dan biayanya masih terbatas, Anda bisa memilih salah satu ruangan untuk didekorasi terlebih dahulu.

Jangan lupa bagikan atau share artikel ini di media sosial Anda, ya!

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan, lho! Apa saja?

  • Bisa membaca artikel ini di kemudian hari saat ingin mengaplikasikannya;
  • Bisa menginspirasi orang di sekitar Anda untuk mengaplikasikan dekorasi mewah di rumah.

Selamat mencoba dekorasinya!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis