Cara Mengolah Tanduk Rusa Jantan Menjadi Gantungan Kunci yang Imut

Tanduk rusa jantan tampak sangat gagah dan kokoh. Dibandingkan dengan rusa betina, tanduk yang dimiliki sang jantan memiliki percabangan yang unik. Inilah salah satu alasan mengapa tanduk ini kerap dijadikan inspirasi untuk dekorasi rumah-rumah.

UrbanIndo akan memberikan salah satu dekorasi simpel dari tanduk rusa jantan ini untukmu, Urbanites. Tenang saja! Ini bukan tanduk sungguhan kok, melainkan mainan miniatur plastik berbentuk hewan rusa. Bagaimana cara mengolahnya? Baca artikel ini sampai selesai kalau ingin tahu!

Bahan & Alat

  • Satu buah mainan plastik berbentuk rusa jantan
  • Plakat kayu dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari mainan tersebut
  • Cat semprot berwarna emas dan abu-abu
  • Lem super
  • Alas plastik/koran bekas

Mainan plastik yang digunakan pada DIY kali ini mudah sekali untuk ditemukan kok di pasaran. Sementara itu untuk plakat kayu, kamu bisa membuatnya khusus ke pengrajin kayu dari sisa bahan yang ada. Plakat simpel berbentuk datar pun bisa kamu buat sendiri dengan cara digergaji lalu diamplas.

Soal warna, kamu bisa menggantinya dengan paduan yang sesuai dengan keinginan dirimu. Dalam DIY ini, warna abu-abu dan emas digunakan untuk menghadirkan kesan rustic dan modern yang sangat unik.

Cara Membuat

  1. Gelar alas plastik atau koran bekas di tempatmu melakukan DIY ini. Hal tersebut dilakukan supaya lantai atau permukaan meja yang digunakan tidak ternodai.

  1. Ambil plakat kayu, semprotkan dengan cat berwarna abu-abu hingga merata ke seluruh permukaannya. Setelah itu, keringkan dan sisihkan.

  1. Selanjutnya, ambil mainan plastik berbentuk rusa, tempatkan pada alas, lalu semprotkan dengan warna emas hingga merata. Keringkan dan sisihkan.
  2. Saat cat pada plakat kayu dan mainan plastik telah mengering, tahapan selanjutnya ialah menempelkan keduanya.

  1. Oleskan lem super berwarna bening pada kaki-kaki mainan plastik, tempelkan pada permukaan atas plakat kayu, tekan-tekan hingga mainan dapat berdiri dari berdiri sempurna.

  1. Biarkan lem mengering agar keduanya tidak mudah terlepas di kemudian hari. Setidaknya keringkan lem tersebut selama tiga jam atau lebih.
  2. Setelah kering, kamu pun bisa langsung menempatkannya di meja atau rak yang diinginkan.

Mudah bukan Urbanites? Selain kunci, kamu pun bisa menempatkan kacamatamu di bagian atas mainan tersebut.

Semoga ide DIY tanduk rusa ini dapat kamu praktikkan sendiri di rumah ya! Ayo cari ide-ide dekorasi dan desain rumah lainnya yang tak kalah menarik, hanya di blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis