Gaji Rp6 Juta Bisa Jadi Hambatan Anda Beli Rumah

Punya gaji besar merupakan hal yang diinginkan hampir semua orang.  Konon katanya, Semakin banyak pendapatan yang dimiliki, taraf kehidupan seseorang pun dapat menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan sudah semakin meningkat

Sayangnya, orang-orang dengan gaji di atas standar MBR, sebagai contoh, masyarakat pekerja yang memiliki gaji sekitar Rp6 juta kerap terhambat ketika akan membeli rumah. Penyebabnya adalah beberapa rasa dilema yang muncul sebagai berikut.

Tidak Bisa Dapat Subsidi

Berdasarkan Permenpera No.28 tahun 2012, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ialah: Masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memeroleh rumah. Sementara itu, batasan pendapatan MBR sendiri disebutkan dalam Permenpera No.27 tahun 2012 BAB IV Pasal 4 yaitu Rp3,5 juta – Rp5,5 juta.

Baca Juga:

Kategorisasi MBR untuk KPR Akan Dikaji Ulang, Kenapa?

Cukup banyak bantuan subsidi pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk dapat membeli rumah pribadi. Contohnya ialah KPR Sejahtera dan KPR FLPP. Mereka yang memiliki pendapatan Rp6 juta ke atas tidak diperkenankan untuk mengajukannya.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis