Orang Gila Ngamuk dan Merusak, Minta Ganti Rugi ke Siapa?

Seseorang yang memiliki masalah dengan ingatan dan jiwanya sering kita sebut dengan orang gila. Memang tidak selalu mengganggu, namun ada saja yang sudah parah, sehingga terkadang orang tersebut merusak. Kalau ternyata kebetulan rumah kita yang kena, harus minta ganti rugi ke siapa?

Merusak Termasuk Tindakan Pidana?

Ketika orang yang dikatakan gila ini mengamuk dan pada akhirnya merusak bahkan membahayakan, apakah hal tersebut termasuk tindakan pidana? Sebenarnya, seseorang yang akalnya kurang sempurna tidak diwajibkan untuk mempertanggungjawabkan tindakan yang telah dilakukannya.

Dalam aturan hukum pidana pun terdapat alasan penghapus pidana yang salah satunya adalah alasan pemaaf. Apakah itu? Alasan pemaaf adalah sebuah alasan yang menghapus kesalahan dari si pelaku suatu tindak pidana, sedangkan perbuatannya tetap melawan hukum.

Hal tersebut pun tercantum dalam Pasal 44 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang isinya:

“Tiada dapat dipidana barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya, sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal.”

Berdasarkan hal tersebut, maka seseorang yang memiliki gangguan jiwa tidak dapat diminta pertanggungjawaban secara pidana. Lalu jika terjadi kerusakan yang sangat parah, kita harus meminta ganti rugi kepada siapa?

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis