Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Listrik Sering Padam, Apa Bisa Minta Pengurangan Tagihan?

Listrik yang padam tentu akan sangat menyebalkan, apalagi jika pemadaman yang terjadi ini berlangsung lama atau sering. Sebenarnya kalau hal ini terjadi, apakah kita bisa meminta pengurangan tagihan listrik?

Bisa Dapat Pengurangan Tagihan

Pertanyaan yang satu ini mungkin sering muncul di benak sebagian besar orang. Belum banyak diketahui, sebenarnya pengurangan tagihan ini bisa Anda dapatkan karena hal ini tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres).

Lebih jelasnya, hal ini diatur dalam Perpres No. 8 Tahun 2011 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara. Lebih spesifiknya, hal ini tercantum dalam ayat 2 yang isinya:

Apabila tingkat mutu pelayanan pada masing-masing unit pelayanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang berkaitan dengan lama gangguan, jumlah ganggugan, kecepatan pelayanan perubahan daya tegangan rendah, kesalahan pembacaan meter, dan/atau waktu koreksi kesalahan rekening tidak dapat dipenuhi, maka Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara wajib memberikan pengurangan tagihan listrik kepada konsumen yang bersangkutan yang diperhitungkan dalam tagihan listrik pada bulan berikutnya.

Bukan hanya dalam Perpres, hal terkait ganti rugi dari pihak PT PLN ini pun tercantum dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No. 27 Tahun 2017. Dalam Pasal 6 Ayat 1 tercantum:

Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara wajib memberikan pengurangan tagihan listrik kepada Konsumen apabila realisasi tingkat mutu pelayanan tenaga listrik melebihi 10% (sepuluh persen) di atas besaran tingkat mutu pelayanan tenaga listrik yang ditetapkan, untuk indikator:

  1. lama gangguan;
  2. jumlah gangguan;
  3. kecepatan pelayanan perubahan daya tegangan rendah;
  4. kesalahan pembacaan kWh meter;
  5. waktu koreksi kesalahan rekening; dan/atau
  6. kecepatan pelayanan sambungan baru tegangan rendah.