Mau Buat Septic Tank? Pahami Ini Kalau Tak Mau Digugat!

Pembuatan septic tank pada sebuah rumah bukanlah sesuatu yang asing. Meskipun demikian, jangan sampai septic tank yang dibuat ini menimbulkan masalah dan pada akhirnya Anda digugat ke pengadilan. Kok bisa? Temukan penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Sekilas Tentang Septic Tank

Penjelasan mengenai tangki septik atau septic tank terdapat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Permenkes No.3 Tahun 2014). Dalam Permenkes tersebut dijelaskan bahwa septic tank merupakan suatu bak kedap air yang berfungsi sebagai penampungan limbah kotoran manusia (tinja dan urine).

Perlu diketahui juga bahwa septic tank ini merupakan bagian dari bawah jamban. Selain menjelaskan pengertian mengenai septic tank, dalam Permenkes tersebut pun tertulis juga:

“Bagian padat dari kotoran manusia akan tertinggal dalam tangki septik, sedangkan bagian cairnya akan keluar dari tangki septik dan diresapkan melalui bidang/sumur resapan. Jika tidak memungkinkan dibuat resapan maka dibuat suatu filter untuk mengelola cairan tersebut.”

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis