Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Rumah Murah di Beberapa Wilayah Indonesia, Ada di Mana Saja?

Rumah murah nampaknya masih menjadi incaran banyak orang, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dalam artikel kali ini, UrbanIndo akan memberikan informasi mengenai rumah murah yang ada di beberapa wilayah Indonesia. Di mana saja?

Yogyakarta

Wilayah yang satu ini nampaknya selalu memiliki daya tarik bagi siapapun untuk tinggal, sehingga kebutuhan rumah terus meningkat. Tentunya masyarakat pun sangat mendambakan rumah dengan harga murah dan nyatanya pemerintah memberikan respons melalui Perumnas.

Dikutip dari jogja.tribunnews.com, sebenarnya rumah yang disubsidi oleh pemerintah sudah ada sejak tahun 1982. Salah satu contohnya ada di Condongcatur dan Minomartani, Sleman. Dalam hal ini, subsidi yang dimaksud bukanlah harganya, melainkan selisih bunganya. Uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayarkan pun hanya sebesar 10%.

Harga rumah subsidi ini pun berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun 2015 harganya Rp110,5 juta, kemudian pada tahun 2016 harganya naik menjadi Rp116,5 juta. Lalu bagaimana dengan tahun 2017? Ternyata tahun ini pun kembali naik dan harganya mencapai Rp123 juta.

Lokasi rumah subsidi yang dibangun oleh Perumnas ini memiliki luas lahan sekitar 2,4 hektare. Jumlahnya sendiri akan ada sekitar 115 unit rumah yang dibangun di Pesona Trimulyo Asri daerah Pleret, Bantul.