Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Tatang Ramli: Iseng dan Otodidak, Kini Berencana Bikin Perusahaan

Berawal dari keisengannya mencoba mengiklankan sebidang tanah pada tahun 2014, kini Tatang Ramli pun menjadi agen properti yang dipercaya banyak orang. Siapa sangka bahwa perjalanan kariernya di bidang properti ia lakukan secara otodidak. Yuk, simak kisah inspiratifnya!

Berawal dari Iseng

Beragam kisah datang dari agen properti, ada yang memang berniat untuk menekuni profesi ini, bahkan ada juga yang memulainya dengan cara iseng seperti yang dilakukan Tatang. Diakui olehnya, ia pertama kali menjadi agen properti karena iseng tertarik memasarkan tanah dekat rumahnya yang tak kunjung terjual.

“Dulu awalnya cuma coba-coba saja, jadi pas pulang kerja di dekat rumah ada plang tanah dijual yang gak laku-laku terus saya coba ikut iklanin tapi bingung ke mana. Iseng-iseng browsing ternyata ada web khusus properti yaitu UrbanIndo terus saya coba saja iklanin,” kenang Tatang.

Bukan hal yang mudah untuk menjadi agen properti. Meskipun demikian, Tatang yang sama sekali tidak ada latar belakang properti berani melakoni profesi ini dengan cara otodidak. Ia mengaku bahwa sempat kesulitan dan bosan.

“Kalau awal sih sangat kesulitan. Pertama closing itu ‘kan menjual rumah, mungkin ada dua puluh kali survei tapi gak laku-laku sampai bosan antar orang, ya akhirnya laku juga,” ungkap agen yang berdomisili di Cikampek ini.

Agen Properti Menjadi Sampingan

Berawal dari iseng, sampai sekarang Tatang masih melakoni pekerjaan utamanya sebagai pekerja di salah satu pabrik. Meski demikian, ia tidak merasa kesulitan membagi waktu terhadap pekerjaan dan juga keluarganya.

“Saya masih kerja di pabrik, jadi agen properti ini sampingan. Kerja di pabrik kan shift, seperti tadi pulang shift 3 terus ya sorenya bisa ke mana-mana,” tutur Tatang.

Kemudahan Tatang dalam membagi waktu diiringi oleh adanya tim yang ia bentuk yang tersebar di beberapa wilayah. Dijelaskan oleh Tatang, jika waktunya tidak pas atau lokasinya agak jauh, maka ia percayakan kepada rekannya yang lain. Bahkan, Tatang dan rekan-rekannya tersebut pun berencana untuk membuat perusahaan agen properti.

Tidak Pernah Merasa Bersaing

Pada kesempatan wawancara ini, agen independen yang satu ini pun mengungkapkan alasannya untuk tidak bergabung dengan sebuah perusahaan. “Kebetulan perusahaan properti di Cikampek itu gak ada, kalau ada pun cukup jauh. Di samping itu juga kan saya gak ada pengetahuan soal jadi agen, jadi ya sudah jalan sendiri,” ungkapnya.

Diakui olehnya, bahkan ada beberapa agen yang tergabung di perusahaan agen properti yang meminta bantuan kepada Tatang hingga akhirnya bekerja sama di lapangan. Oleh karena itu, Tatang juga kini tidak pernah merasa bersaing dengan agen properti lainnya.

Gak merasa bersaing sih, kalau awal-awal mungkin seperti itu ya tapi ke sini-sini malah enjoy karena saya jadi punya banyak rekan dan kenalan,” imbuh Tatang.

Sejak Awal Percaya Terhadap UrbanIndo

Seperti yang dijelaskan oleh Tatang sejak awal, ia menggunakan UrbanIndo sebagai media pemasaran propertinya ketika baru menjadi seorang agen. Meskipun demikian, sebagai seorang agen independen, ia pun pernah mencoba media pemasaran lain.

“Dulu saya sempat aktif juga di website lain yang bukan khusus properti, tapi sekarang website tersebut bayarnya mahal dan jadi ribet. Akhirnya jadi pakai UrbanIndo saja,” jelas Tatang yang sudah tiga tahun menjadi agen properti.

Bukan hanya itu, Tatang juga mengaku pernah mencoba website khusus properti lainnya, namun ia kurang merasa cocok. “Dulu pernah coba website khusus properti yang berbayar, tapi saya lihat gak jauh beda dengan UrbanIndo, malah lebih praktis dan sederhana UrbanIndo jadi saya hanya pakai UrbanIndo,” tambahnya.

Bukan hanya mendapatkan respons dari para pembeli, Tatang juga pernah mendapatkan kartu nama dan banner gratis dari UrbanIndo. Uniknya, ia juga memproduksi ulang kartu nama tersebut dengan desain serupa untuk membantunya dalam memasarkan properti.

Ingin menjadi agen properti independen sukses seperti Tatang RamliYuk, semangat seperti dia dan iklankan properti Anda di UrbanIndo!