Ternyata Gini Toh Cara Membuat Hidroponik dari Botol Bekas. Praktis Banget!

Urbanites, pekan lalu UrbanIndo baru saja menggelar gerakan “Bumi Cantik Tanpa Plastik” di Car Free Day Dago Bandung untuk memperingati Hari Bumi 2017. Di dalam rangkaian itu, para pengunjung juga bisa langsung belajar membuat hidroponik sederhana dan praktis.

Antusiasme masyarakat yang berkunjung ke booth UrbanIndo untuk belajar membuat hidroponik ini sangat tinggi. Cukup membawa sebuah botol minum plastik bekas, mereka langsung bisa belajar dan membawa hasil yang telah dibuatnya bersama salah satu tim dari Komunitas Earth Hour Bandung.

Nah, buat kamu yang tidak sempat melihatnya, tenang saja! UrbanIndo akan bahas cara pembuatan media tanam hidroponik tersebut secara lengkap. Simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini ya!

Alat & Bahan:

Membuat Hidroponik

  • 1 buah botol minum plastik bekas, buka labelnya
  • Sepotong kain bekas sebagai media penyalur air
  • Cutter
  • Satu gayung air bersih

Mmebuat Hidroponik

  • Nutrisi A dan B khusus untuk tanaman hidroponik
  • Sekam bakar sebagai media tanam. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar
  • Bibit tanaman yang diinginkan

Cara Pembuatan:

  1. Siapkanlah botol plastik, lalu potong menjadi dua dengan ukuran seimbang pada keduanya.
  2. Buka tutup botol plastik, lalu buat sebuah bolongan kecil pada permukaannya dengan menggunakan cutter. Hati-hati dalam melakukan proses ini agar tangan tidak terluka!
  3. Masukkan potongan kain bekas (jenis kain apa saja yang dapat menyerap air) pada bolongan tersebut. Buat kain tersebut sama panjang pada kedua sisinya.

  1. Satukan kembali penutup pada leher botol, sisihkan.

  1. Ambil gayung air, tuangkan nutrisi A dan B ke dalamnya dengan perbandingan 2:1. Aduk-aduk hingga semuanya larut dan bercampur.
  2. Ambil sisa potongan botol bekas bagian bawah lalu tuangkan larutan air dan nutrisi tanaman hidroponik hingga hampir penuh. Sisihkan.
  3. Ambil kembali potongan botol bekas bagian atas yang telah dipasangi kain, lalu masukkan sekam bakar secukupnya.

Membuat Hidroponik

  1. Taruh bagian botol tersebut dengan bagian mulut terendam ke dalam campuran air lalu masukkan bibit tanaman yang telah disiapkan.
  2. Hidroponik pun siap dikembangkan.

Mudah sekali bukan proses pembuatan hidroponik tersebut? Kamu bisa menanam berbagai bibit tanaman sayuran atau juga buah-buahan berukuran kecil dengan media tanam ini.

Video pembuatan hidroponik tersebut juga dapat kamu lihat di sini:

Jangan lupa untuk menempatkan hidroponik tersebut di tempat teduh dan memberikan nutrisi serta mengganti air secara berkala ya, Urbanites! Semoga ide DIY UrbanIndo kali ini dapat kamu praktikkan.

Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo ya untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya seputar dunia properti.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis