Berbagai Kelebihan KPR dengan Cicilan Flat, Apa Saja?

Ada dua layanan KPR yang bisa diajukan untuk mencicil rumah di bank, yaitu KPR konvensional yang cicilannya tidak tetap (floating) dan KPR syariah yang cicilannya tetap (flat). Perbedaan inilah yang biasa dijadikan pertimbangan sebelum mengajukan KPR.

Pada KPR syariah, digunakan sistem jual beli yang membuat cicilannya flat dan tanpa bunga. Tidak adanya bunga tentu membuat KPR syariah bebas dari riba. Sebenarnya apa saja kelebihan cicilan KPR yang flat? Berikut pembahasannya:

Tidak Terpengaruh Suku Bunga Acuan

Seperti yang kita ketahui bahwa suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sering kali naik turun. Sesuai dengan namanya, cicilan flat tentunya tidak akan terpengaruh dengan naik turunnya suku bunga tersebut.  Dengan demikian, para pengguna KPR syariah tidak perlu khawatir dengan suku bunga yang terkadang bisa naik.

Mau setinggi apapun suku bunga acuan yang ditetapkan BI, para pengguna cicilan flat hanya akan membayar nominal cicilan yang jumlahnya sudah disepakati sejak awal. Oleh karena itu, hal yang perlu diperhatikan hanyalah besar cicilan yang disepakati saat awal pengajuan kredit.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis