Cicilan KPR Anda Macet? Ternyata Ini Hukumannya…

Ketika berani membeli rumah dengan cara KPR, maka Anda juga harus siap dengan cicilan setiap bulannya. Tak jarang ada saja yang merasa kesulitan untuk membayar cicilannya. Kalau terjadi KPR macet, apa sanksi yang akan didapat?

Dalam hal ini, akan dibahas lebih lanjut terkait rumah yang sudah dijaminkan menggunakan UU No. 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah yang selanjutnya akan disebut sebagai UU Hak Tanggungan.

Bank Berhak Menjual Rumah

Masih di dalam UU Hak Tanggungan, terdapat penjelasan mengenai hak bank apabila seseorang tidak bisa memenuhi perjanjian kredit. Dalam Pasal 20 ayat (1) dijelaskan bahwa pihak bank berhak menjual objek hak tanggungan yang mana dalam hal ini adalah rumah. Pihak bank pun berhak mengambil pelunasan atas utang debitur dari hasil penjualan rumah tersebut.

Pada pasal 6 juga secara jelas tertulis bahwa:

“Apabila debitur cidera janji, pemegang Hak Tanggungan pertama mempunyai hak untuk menjual obyek Hak Tanggungan atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan tersebut.”

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis