Irwan: Analisis Wilayah UrbanIndo, Panduan Saya Menentukan Market

Profesi marketing properti kerap kali dijadikan mata pencaharian sampingan bagi beberapa agen. Tidak jarang pula dari mereka kuran fokus menggarap market, bahkan hanya aji mumpung dalam menjalaninya. Hal itu tidak berlaku sama sekali bagi Irwan Hermawan, agen dari Kota Kembang Bandung.

Dua tahun sudah Irwan berkecimpung dalam bisnis jual beli properti. Sejak tahun 2015, ia bergabung dengan Galaxy Media Property Bandung. Meskipun sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pekerjaan sampingannya ini, Irwan memilih untuk tidak meninggalkan pekerjaan utamanya di bidang perbankan.

“Awal ketertarikan saya dengan pekerjaan ini sebenarnya karena keinginan pribadi saya. Saat itu saya mencari-cari beberapa perusahaan broker properti yang cocok. Setelah saya browse dan membandingkan beberapa, akhirnya saya bergabung dengan Galaxy. Ini merupakan pekerjaan sampingan saya. Saya masih bekerja di bidang perbankan,” jelas Irwan ketika dihubungi UrbanIndo beberapa waktu lalu.

Market Properti

Profesi sebagai agen properti memang menjanjikan. Ia pun bertekad untuk serius terjun di dalamnya. Oleh karenanya, ia tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan seluruh pekerjaannya sebagai agen, mulai dari beriklan bahkan berperan sebagai konsultan untuk membantu para calon kliennya.

Sebagai contoh, dirinya selalu memerhatikan beberapa aspek sebelum mem-posting iklannya di situs properti. Ia mengatakan, kerap menerapkan konsep AIDA (attention, interest, desire, action) dalam membuat informasi iklan. Irwan pun selalu memerhatikan gambar-gambar properti yang diiklannya.

“Saya banyak belajar mengenai dunia properti, baik dari hasil berdiskusi dengan rekan-rekan juga dari tempat saya bekerja. Ilmu-ilmu marketing seperti itu saya dapatkan dari mereka,” ujarnya menambahkan.

Salah satu hal yang membantunya untuk dapat menggaet calon iklannya adalah laporan analisis yang diberikan UrbanIndo. Berkat salah satu fitur pintar dari situs properti itu, ia pun dapat menentukan market properti dengan jelas dan lebih terarah.

“Market saya sekarang ini kebanyakan mengikuti hasil dari analisis tersebut. Iklan-iklan saya pun kebanyakan ya mencari di sekitar daerah itu,” tambahnya.

UrbanIndo Paling Mudah Digunakan

Market

Sama seperti agen-agen lainnya yang selalu berusaha memaksimalkan iklan agar dilihat calon pembeli, Irwan pun tidak menggunakan satu situs properti saja. Ada beberapa nama yang Irwan sebutkan, akan tetapi ia mengaku hanya UrbanIndo yang paling simpel untuk digunakan dalam beriklan.

Dibandingkan dengan versi website, Irwan mengaku lebih sering menggunakan aplikasi UrbanIndo dari ponselnya. Ia mengatakan bahwa seluruh kegiatannya beriklan lebih mudah dan simpel dengan aplikasi tersebut.

“Menurut saya, UrbanIndo memang paling mudah digunakan dan dioperasikan. Ketika memasukkan iklan-iklan pun saya tidak ada kendala yang berarti. Lancar-lancar saja semuanya. UrbanIndo itu simpel dan bisa diandalkan,” tambahnya.

Sering Ajak Keluarga

market

Bekerja dari di weekday bahkan saat weekend, merupakan makanan sehari-hari Irwan. Pada Senin hingga Jumat, ia mengerjakan tugas utamanya. Di sela-sela itu dan juga Sabtu Minggu, ia kemudian berganti peran jadi agen properti. Lalu kapan waktu bersama keluarganya?

Keluarga saya mah enggak protes sih. Mereka semua mengerti dengan profesi saya. Kadang juga saya malah ajak keluarga untuk ikut menemani saya melayani calon klien. Malah kita semua jadi makin dekat. Kadang calon klien pun jadi makin ramah dan baik ketika melihat saya membawa keluarga,” ceritanya.

Market

Menarik bukan kisah agen Irwan dari Bandung ini? Bukan hanya pandai menentukan market sehingga bisa mendapat closing dengan lebih baik, Irwan pun masih bisa menjaga hubungan baik dengan anggota keluarganya di tengah kesibukan. Semoga kisah di atas tadi bermanfaat untuk Anda semua, Urbanites.

 

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis