Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Renovasi Rumah Baru Selesai Malah Disuruh Bongkar Lagi. Ada Apa?

Setelah bertahun-tahun, tabungan Alan akhirnya cukup untuk biaya renovasi rumah. Ia pun kemudian melakukan perluasan rumah dengan merubah garasi menjadi kamar tidur utama. Setelah proses pembangunan selesai, tiba-tiba ia diminta pengelola kompleks untuk membongkarnya.

Kasus pembongkaran rumah seperti contoh di atas ternyata pernah terjadi lho, Urbanites! Apakah Anda atau kerabat ada yang tengah mengalami hal yang sama atau punya niat melakukan renovasi? Agar tidak salah mengambil keputusan, baca dulu aturannya di bawah ini.

Perjanjian Pembeli & Developer

Ada beberapa developer perumahan yang menetapkan peraturan bahwa pemilik rumah tidak diperbolehkan untuk merenovasi bagian tertentu seperti garasi. Bukan tanpa alasan, hal ini dibuat berdasarkan aturan tata ruang dari pemerintah dan juga dengan mempertimbangkan kenyamanan tetangga lain .

Bila fungsi garasi beralih menjadi ruangan bagian rumah, kehadiran tempat parkir kendaraan pun jadi hilang. Otomatis mobil yang dimiliki pun akan diparkirkan di jalan umum kompleks atau area lain. Bisa saja hal ini mengganggu kelancaran lalu lalang kendaraan di depan rumah atau mungkin berdampak pada hal lainnya.