Rumah Kecurian, tapi Barang Bukti Tak Ada. Pencuri Bisa Dituntut?

Tidakan pencurian bukanlah sesuatu yang asing di masyarakat. Pernah mengalami atau melihat kejadian ini? Sebenarnya, apakah sang pencuri masih bisa dituntut jika barang bukti atau benda curiannya sudah tidak ada? Ternyata begini penjelasannya:

Ternyata Pencurian Adalah…

Seperti apa pemahaman Anda mengenai pencurian? Kalau jawabannya “mengambil barang kepunyaan orang lain”, jawaban Anda sudah benar. Nah, apakah Anda juga sudah tahu mengenai hukumannya? Lebih jelasnya, tercantum dalam Pasal 362 KUHP yang isinya:

“Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.”

Kok hanya Rp900? Eits, jangan salah! Nominal denda ini sudah disesuaikan dalam Pasal 3 Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012 tentang Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP. Tertulis:

“Tiap jumlah maksimum hukuman denda yang diancamkan dalam KUHP kecuali pasal 303 ayat 1 dan ayat 2, 303 bis ayat 1 dan ayat 2, dilipatgandakan menjadi 1.000 (seribu) kali.”

Mengacu pada isi pasal tersebut, maka nominal denda paling banyak menjadi Rp900.000.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis