Serius! Setelah 2017 Ibu Kota Indonesia Akan Pindah dari Pulau Jawa

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa sempat mencuat beberapa bulan lalu. Palangka Raya pun sempat disebut sebagai tujuannya. Ternyata hal ini benar-benar serius akan dilakukan, akan tetapi belum tentu Ibu Kota Kalimantan Tengah itu yang akan jadi ibu kota baru dari negara kita.

Dikutip dari situs Kompas, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan telah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo mengenai hal ini di Istana Negara, Senin (3/7). Ia menambahkan, rencana pendanaan serta segala kajian perpindahan ini akan rampung sebelum 2018. Itu berarti, di 2018 atau 2019, segala kegiatan pemindahan pun sudah bisa dilaksanakan.

Selain pendanaan, aspek-aspek yang dikaji oleh pemerintah mencakup penentuan lokasi dan juga tata kota. Satu hal yang juga tak kalah penting ialah ketersediaan lahan yang cukup serta kepimilikannya 100% dipunyai pemerintah. Pemerintah pun bisa menekan biaya karena tidak perlu membebaskan lahan.

Bambang menambahkan, Kantor Kepresidenan serta Kementerian akan berada di Ibu Kota Indonesia yang baru nanti. Sementara itu, ibu kota lama yaitu DKI Jakarta akan dikonsentrasikan sebagai pusat keuangan serta bisnis. Ia menyebutkan, kira-kira dibutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk menyelasaikan seluruh pembangunan tersebut.

Pindah ke Palangka Raya

Ibu Kota IndonesiaKabar perpindahan Ibu Kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Palangka Raya bukanlah isapan jempol. Pemindahan ke kota tersebut telah disebut-sebut sejak pemerintahan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno. Presiden Jokowi pun memunculkan kembali wacana tersebut setelah menimbang berbagai hal. Akan tetapi hal tersebut dikatakan masih sebatas pembicaraan informal.

Bappenas sendiri belum merilis nama kota yang akan dijadikan pusat pemerintahan yang baru. Saat ini kelayakan Kota Palangka Raya pun masih dikaji terlebih dulu oleh Bapenas. Walau belum pasti, kemungkinan besar pusat pemerintahan negara kita akan berada di Pulau Kalimantan.

Pemindahan ibu kota negara dari luar Pulau Jawa ini sendiri disebut-sebut, sengaja dilakukan agar lebih Indonesia sentris. Dikatakan, selama ini pembangunan di Pulau Jawa memang lebih pesat dibanding pulau lainnya. Seiring dengan perpindaha Ibu Kota Indonesia ini, diharapkan pembangunan pun bisa lebih merata.

Bagaimana menurutmu, Urbanites rencana pemerintah ini? Bagikan komentarmu di media sosial UrbanIndo ya!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis