Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Speaker Murah, Tidak Usah Beli, Bikin Sendiri Bisa Lho!

Mendengarkan musik dengan speaker akan memberikan sensasi berbeda pada telinga Anda. Itu sebabnya, banyak orang yang kerap melengkapi ruangan pribadi mereka dengan benda satu ini. Ingin juga tapi belum ada uang untuk membelinya? Tidak usah sedih, kamu bisa membuatnya sendiri, kok!

Kamu tidak memerlukan komponen elektronik dan ilmu khusus untuk membuat speaker murah meriah ini. Cukup dengan bahan-bahan simpel dan meluangkan waktu tidak lebih dari satu jam, kamu pun sudah bisa punya speaker sendiri. Ini dia cara pembuatannya.

Bahan & Alat yang Dibutuhkan:

  • Dua buah gelas plastik atau kertas
  • Tube silindris berbahan kardus, kamu bisa menggunakan bekas gulungan tisu napkin, plastic wrap, atau aluminium foil
  • Lakban
  • Alat tulis
  • Gunting atau cutter
  • Ponsel

Cara Pembuatan

  1. Siapkan tube kardus bekas dan bersihkan dari sisa-sisa bahan yang menempel.
  2. Selubungi tube dengan lakban hingga tertutup secara penuh, biarkan bagian bolongan di kedua sisi tetap terbuka. Menutupi tube dengan lakban akan membantunya tidak mudah terkena air kemudian rusak.
  3. Setelah itu, ambil ponsel yang kamu miliki lalu letakkan di bagian tengah
  4. Ambil alat tulis lalu buat pola mengikuti bentuk dan ukuran bagian bawah ponselmu.
  5. Setelah pola terbentuk, gunting atau lubangi dengan menggunakan Lakukan dengan perlahan agar hasil potongan tetap rapi. Sisihkan.
  6. Ambil dua buah gelas yang sudah kamu persiapkan, lalu buat bolongan pada masing-masing sisinya
  7. Setelah itu, masukkan kedua ujung tube pada masing-masing gelas yang telah dibolongi, proses pembuatan speaker murah ala kamu pun sudah selesai!

Muda sekali bukan, Urbanites! Ya, menggunakan gelas merupakan cara tersimpel untuk membuat suara musik terdengar lebih besar. Sebab, suara yang keluar dari ponsel atau pemutar musik lainnya terpantul pada dinding gelas bagian dalam. Itu sebabnya, orang kerap menggunakan cara ini untuk membuat pengeras suara musik.

Semoga ide DIY speaker murah ini bisa kamu praktiikan di rumah ya! Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan ulasan menarik lainnya.