Aturan Pengibaran Bendera di Rumah Saat Hari Kemerdekaan, Ternyata…

Setiap menyambut hari Kemerdekaan, banyak yang mengibarkan bendera di depan rumah. Sebenarnya, kenapa sih kita harus mengibarkan bendera? Apakah untuk menghormati dan mengingat jasa para pejuang atau ada alasan lain? Ternyata begini…

Ada Aturan Hukumnya

Bukan sekadar menghormati jasa para pahlawan, ternyata bendera Merah Putih memang wajib dikibarkan pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini senada dengan yang tercantum dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan.

Lebih jelasnya, mari kita lihat Pasal 7 Ayat (3) berikut ini:

“Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.”

Dapat dilihat dari pasal tersebut bahwa semua warga negara yang memiliki rumah pun wajib untuk mengibarkan bendera pada peringatan hari Kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki bendera dan tidak bisa membelinya?

Masih dalam UU dan pasal yang sama, pada Ayat (4) dijelaskan bahwa: “Dalam rangka pengibaran Bendera Negara di rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (3), pemerintah daerah memberikan Bendera Negara kepada warga negara Indonesia yang tidak mampu.”

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis