Digugat karena Punya Balkon di Rumah, Kok Bisa?

Pernahkah terpikir oleh Anda bahwa memiliki balkon di rumah bisa terjerat masalah hukum? Mungkin terdengar aneh, namun hal ini mungkin saja terjadi jika privasi tetangga Anda terganggu. Begini penjelasannya:

Aturannya Ada dalam KUHPer

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada larangan untuk membuat balkon dan tentu setiap orang berhak memilikinya. Meskipun demikian, nyatanya ada aturan bahwa balkon tersebut tidak boleh dibuat untuk bisa memandang langsung ke arah pekarangan tetangga.

Terkait hal ini, aturannya ada dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Lebih jelasnya kita perhatikan langsung Pasal 647 sampai 649 berikut ini:

Pasal 647

Orang tidak diperbolehkan mempunyai pemandangan langsung ke pekarangan tetangga yang tertutup atau terbuka maka tak bolehlah ia memperlengkapi rumahnya dengan jendela, balkon atau perlengkapan lain yang memberikan pemandangan ke pekarangan tetangga itu, kecuali bila tembok yang diperlengkapinya dengan hal-hal itu jaraknya lebih dari dua puluh telapak dari pekarangan tetangga tersebut”

Pasal 648

“Dan jurusan penyamping atau dari jurusan menyerong orang tidak boleh mempunyai pandangan atas pekarangan tetangga, kecuali dalam jarak lima telapak”

Pasal 649

“Jarak yang dibicarakan dalam dua pasal tersebut di atas, dihitung dari sisi luar tembok yang diberi lubang dan bila ada balkon atau semacam itu yang menonjol, dan sisi terluar balkon itu sampai garis batas kedua pekarangan

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis