Infrastuktur Makin Digenjot, Katanya Ini Proyek Terbesar dalam Sejarah Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, dari segi pembangunan infrastruktur negara, Indonesia memang masih banyak tertinggal dari tetangga sebelah. Bila dibandingkan dengan negara anggota G20, Indonesia pun berada di urutan belakang. Pemerintah tidak tinggal diam ternyata, langkah nyata pun semakin digencarkan.

Dikutip dari economy.okezone.com, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan prasarana saat ini ialah terbesar sepanjang sejarah. Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan di antaranya akan ada bandara baru, perluasan bandara serta pelabuhan, serta penambahan jalur tol dan kereta api.

Seperti yang UrbanIndo ulas pada artikel Bertambahnya Rumah Rp300 Juta-an di Bekasi, infrastruktur, khususnya transportasi adalah salah satu pendukung berkembangnya nilai properti di suatu daerah. Kali ini, UrbanIndo akan mengulas beberapa daerah di bagian barat hingga timur Indonesia yang kini tengah dalam proses penambahan prasarana. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sumatera

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Rumah Rakyat (PUPR) tengah menggenjot pembangunan ruas tol Trans Sumatera. Jalanan tol ini sendiri rencananya akan membentang dari Bakaheuni Lampung hingga Aceh sepanjang 2000 kilometer.

Lampung sebagai pintu masuk Pulau Sumatera paling dekat dengan Pulau Jawa sendiri tengah dibangun ruas tol Bakaheuni – Terbanggi Besar sepanjang 104km. Pembangunan sepanjang 38,04 km ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2017 ini dan sisanya rampung di tahun 2018.

Jalanan ini pun menghubungkan Provinsi Lampung ke Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, kondisi harga properti di Bandar Lampung sebagai ibu kota sudah mengalami tren kenaikan sebesar 15,95% dari sejak awal tahun 2017.

Selain Lampung, salah satu kota yang kini pembangunannya tengah disoroti ialah Medan, Sumatera Utara. Pembangunan infrastruktur jalan tol Medan – Binjai yang rencananya akan rampung di akhir tahun 2017 ini disebut-sebut mendongkrak harga rumah di sekitarnya. Dari data UrbanIndo, kenaikan ini sudah tercatat sejak Januari 2017 yaitu sebesar 35,83% untuk harga rumah.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis