Kalau PLN Mendirikan Tiang Listrik, Ada Ganti Ruginya?

Listrik sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Lalu, apakah PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) wajib memberikan ganti rugi kalau mendirikan tiang listrik di depan rumah seseorang atau di lahan kosong milik orang lain? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Pengadaan Listrik

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengadaan listrik di suatu tempat. Mengacu pada UU No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, dalam Ayat (1) Pasal 11 disebutkan bahwa listrik disediakan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, badan usaha swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat yang berusaha di bidang penyediaan tenaga listrik.

Terkait hal ini, PT PLN merupakan badan usaha milik negara, sehingga berhak terhadap pengadaan listrik di suatu wilayah. Meskipun demikian, PT PLN pun wajib memiliki izin usaha sebagaimana yang tercantum dalam Ayat (2) Pasal 19:

“Setiap orang yang menyelenggarakan penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum wajib memiliki izin usaha penyediaan tenaga listrik.”

Selain memiliki izin usaha penyediaan listrik, PT PLN juga wajib memiliki izin operasi apabila bermaksud mendirikan pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas tertentu.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis