Ruangan Wangi Alami dengan Pomander Bikinan Sendiri

Ruangan yang wangi tentu menjadi dambaan setiap orang karena bisa membuat kita jadi lebih rileks ketika beristirahat dan bersantai di rumah. Tidak perlu beli, kita bisa lho membuat pewangi alami yang tahan lama. Salah satunya seperti pomander berikut ini!

Sebelum membuatnya, tentu perlu diketahui terlebih dahulu apa itu pomander. Apa sih pomander? Mudahnya, ini adalah sebuah bola yang terbuat dari parfum. Ini juga adalah salah satu bentuk awal dari aromaterapi.

Tidak usah bingung karena nyatanya pembuatan pomader ini sangatlah mudah dan bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah ditemukan. Dijamin! Anda juga hanya perlu mengeluarkan sedikit uang.

Alat dan Bahan:

  • Lemon segar berukuran besar;
  • Tusuk gigi;
  • Cengkeh utuh secukupnya.

Melihat alat dan bahan yang disiapkan cukup sederhana, tentu pembuatannya pun tergolong mudah. Anda tidak perlu meluangkan waktu yang lama untuk membuat seisi ruangan jadi wangi alami.

Langkah pembuatan:

  1. Tentukan pola yang akan dibuat pada permukaan buah lemon. Buatlah pola semenarik mungkin agar pomander terlihat unik;
  2. Lubangi permukaan lemon menggunakan tusuk gigi, sesuai dengan pola yang diinginkan. Jangan menusuknya terlalu rendah karena nantinya ini akan digunakan untuk memasukkan cengkeh;

  1. Masukkan satu per satu biji cengkeh ke semua lubang yang telah dibuat pada permukaan buah lemon;

  1. Pomander siap disimpan di sudut rumah dan membuat seisi rumah menjadi lebih wangi.

Ingin membuatnya lebih menarik? Anda bisa menggabungkan pomander ini dengan buket bunga untuk hiasan di sudut ruangan. Anda membutuhkan alat dan bahan tambahan berikut:

  • Bunga plastik berwarna-warni;
  • Busa bunga;
  • Tusuk sate;
  • Pot bunga.

Sudah ada semua alat dan bahan tambahannya? Kini saatnya Anda membutuhkan sedikit kreativitas untuk menyusun isi dari buket bunga dan pomander yang sudah selesai dibuat. Caranya begini:

  1. Siapkan busa bunga yang menjadi media untuk menancapkan bunga plastik dan pomander. Ukurannya pun perlu disesuaikan dengan ukuran pot;
  1. Tancapkan berbagai bunga plastik dan pomander yang sudah dibuat. Usahakan pomander disimpan secara tersembunyi di antara bunga plastik;

  1. Masukkan busa yang sudah dipenuhi oleh bunga dan pomander ke dalam pot. Pajanglah di salah satu dusut ruangan!

Satu hal yang perlu diperhatikan:

Letakkanlah pomander di area yang memiliki sirkulasi udara terbaik agar keharumannya bisa tersebar secara maksimal ke seluruh sudut ruangan. Perlu diketahui juga bahwa pomander akan bertahan hingga dua minggu, tergantung kesegaran dari buah lemon yang dipilih.

Mudah bukan membuatnya? Yuk, temukan kreasi lainnya pada rubrik DIY yang ada di Blog UrbanIndo!

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis