Memajang Kepala Hewan di Rumah? Awas Kena Sanksi Pidana!

Pernahkah Anda melihat ada kepala hewan yang dijadikan pajangan rumah? Atau jangan-jangan, Anda memiliki pajangan kepala hewan di rumah? Awas! Bisa-bisa kena hukuman pidana, lho! Begini penjelasannya:

Ketahui Jenis Satwa!

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu diketahui dulu bahwa satwa adalah semua jenis sumber daya alam hewani yang hidup di darat dan/atau di air, dan/atau di udara. Penjelasan ini pun tercantum dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Dalam UU tersebut, dijelaskan pula mengenai satwa yang dilindungi dengan satwa yang tidak dilindungi. Terkait hal tersebut, memangnya hewan apa saja yang termasuk dilindungi? Rincian lengkapnya ada dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Beberapa hewannya terdiri dari harimau sumatera, harimau jawa, rusa bawean, orang utan, badak jawa, banteng, kerbau pendek, penyu hijau, dan masih banyak lagi. Meski tergolong hewan yang dilindungi, masih ada saja yang menjadikan anggota tubuh dari hewan-hewan tersebut sebagai pajangan.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis