Tanaman Succulent Satu Ini Bisa Kamu Pelihara Selamanya! Mau?

Tanaman succulent merupakan salah dekorasi indoor yang digemari banyak orang. Daunnya mungil dan unik, warnanya pun begitu memikat. Harganya pun tidak terlalu mahal, lho! Sayangnya, jika tidak pandai merawatnya, tanaman ini bisa cepat mati.

Bagi kamu yang ingin sekali punya hiasan serupa di rumah, namun tidak pandai merawatnya, UrbanIndo punya solusi, nih. Kamu cukup membuat tanaman succulent replika yang bentuknya tak kalah menarik! Setelah jadi, kamu tidak perlu lagi deh susah-susah memeliharanya agar tumbuh baik.

Penasaran ‘kan seperti apa caranya? Yuk, cari tahu proses pembuatan serta bahan apa saja yang kamu perlukan. Ini dia ulasan lengkapnya.

Alat & Bahan:

  • Satu lembar kain flanel berwarna hijau army, namun kamu pun bisa menggunakan warna hijau yang cocok dengan seleramu.
  • Kertas bekas dan pulpen
  • Gunting
  • Lem kain
  • Pot/gelas
  • Media tanam berupa gabus atau batu-batu kerikil yang telah dibersihkan

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan kertas bekas dan pulpen, lalu buat pola daun kecil dalam lima ukuran yang berbeda. Contohnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini. 
  1. Setelah membuat pola di atas kertas, guntinglah dengan rapi.
  2. Setelah itu, tempelkan pola pada kain flanel tanpa menggunakan lem.

  1. Buat empat potongan untuk masing-masing pola tersebut sehinga mendapati ada 20 potong pola yang ukurannya berbeda-beda.

  1. Ambil empat potongan dengan ukuran yang sama lalu rekatkan bagian ujungnya dengan cara mencubit kedua bagian sisinya hingga bertemu. Cara ini akan membuat potongan tampak lebih berdimensi dan bervolume. Ingat, sisakan bagian paling ujung bawah!
  2. Setelah bagian yang direkatkan telah mengering, lanjutkan pengelaman dengan menumpuk keempat potongan pola tersebut dan menempelkan lem pada bagian bawahnya.

  1. Lakukan proses ke-5 dan ke-7 pada potongan pola lainnya dan biarkan semuanya mengering.
  2. Setelah seluruh potongan pola berukuran sama yang direkatkan mengering, lanjutkan untuk menatanya sehingga menyerupai sebuah tanaman
  3. Letakkan pola dengan ukuran terbesar di bagian bawah dilanjutkan hingga potongan terkecil. Rekatkan tiap bagian dengan menggunakan lem, kemudian biarkan mengering.
  4. Langkah selanjutnya, siakan pot serta media tanam yang diinginkan. Tata tanaman tiruan tersebut ke dalamnya hingga tampilannya menarik untuk dilihat.
  5. Supaya lebih tampak real, disarankan untuk menggunakan aksesori alami seperti batu-batuan kali yang mungil.

Gampang bukan, Urbanites? Semoga ide DIY dari UrbanIndo kali ini bisa kamu praktikkan dan bermanfaat ya! Jangan lupa, simak terus ulasan lainnya yang tak kalah menarik hanya di blog UrbanIndo.

Artikel Lainnya Artikel Lain dari Penulis