Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Mumpung Bunga Cicilan KPR Turun, Beli Rumah Sekarang Juga. Hanya Sampai Desember 2017!

Turunnya uang muka hingga bunga cicilan untuk membeli rumah merupakan kabar manis yang ditunggu banyak orang. Baru-baru ini, tepatnya 22 September 2017, Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan menjadi 4,25%. Inilah salah satu peluang emas Anda untuk segera memiliki tempat tinggal sendiri!

Suku bunga acuan BI tercatat turun dari sebanyak 25 basis poin (bps) dari sebelumnya 4,5%. Penurunan BI rate ini sendiri memiliki pengaruh terhadap penurunan suku bunga KPR maupun KPA.

Berapa besar penurunannya? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kesempatan Hingga Desember 2017

Salah satu lembaga perbankan yang telah menurunkan bunga cicilan KPR-nya adalah Bank CIMB Niaga. Hal tersebut dinyatakan oleh Presiden Direktur Bank CIMB Niaga, Tigor Siahaan, pada 26 September 2017 seperti yang dikutip dari situs economy.okezone.com.

Berdasarkan data yang UrbanIndo dapatkan, Bank CIMB Niaga kini menerapkan bunga fixed mulai dari 6,75% untuk selama 3 tahun.

Sementara itu di masa floating, asumsi bunga yang digunakan ialah sebesar 11%.

Besaran bunga tersebut berlaku untuk KPR konvensional dan juga syariah.

Kebijakan ini sendiri telah diberlakukan sejak 2 Oktober 2017 dan akan berakhir pada 31 Desember 2017 mendatang.

Simulasi Perhitungan

Bila menggunakan perhitungan bunga cicilan yang diterapkan Bank CIMB Niaga tersebut, untuk membeli rumah seharga Rp300 juta dengan, Anda hanya perlu membayar cicilan sekitar Rp2,28 juta di masa fixed dan Rp2,99 juta di masa floating.

Masa durasi cicilan yang digunakan pada perhitungan tersebut adalah 20 tahun.

Sementara itu, untuk simulasi cicilan rumah dengan harga Rp350 juta, Rp500 juta, serta Rp750 juta dapat Anda simak pada gambar di bawah ini.

Hitung Cicilan Rumah Idaman

Anda punya rumah idaman dengan budget yang telah dipersiapkan sendiri tapi belum tahu bagaimana perhitungannya?

Tenang saja, Anda dapat melakukan perhitungan simulasi cicilan KPR-nya dengan menggunakan fitur Kalkulator KPR UrbanIndo.

Misalnya, Anda tertarik untuk mengajukan KPR dengan bunga cicilan yang ditawarkan Bank CIMB Niaga di atas.

Cukup masukkan jumlah angka uang muka yang telah dipersiapkan beserta nominal bunga yang telah ditetapkan serta harga rumah yang diinginkan.

Lakukan perhitungan simulasi KPR tersebut di sini.

Temukan Rumah yang Paling Sesuai

Rumah yang Anda sedang Anda incar saat ini, bisa jadi belum termasuk stok hunian dengan harga terbaik di sekitarnya dengan spesfikasi yang hampir serupa.

Supaya bisa meyakinkan pilihan Anda sudah termasuk yang paling sesuai, coba gunakan fitur Harga di Sekitar. Ayo coba temukan rumah idaman Anda sekarang di sini.