Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

DIY Lampu Spotlight Ceiling dari Kaleng Bekas untuk Dapur Bergaya Cafe

Sebuah kaleng susu umumnya akan menjadi sampah setelah isinya habis. Di tangan Andez Natalins, kaleng bekas tersebut bisa berubah menjadi sebuah lampu spotlight ceiling yang cantik dan unik! Lampu yang disimpannya di area dapur bergaya café pun makin membuat suasananya semakin syahdu.

Pasti banyak dari kamu yang ingin tahu bukan cara membuatnya? UrbanIndo punya bocorannya langsung nih dari Andez. Yuk, simak bahan dan alat yang perlu dipersiapkan serta step-by-step pembuatannya di bawah ini.

Alat & Bahan

  • Beberapa buah kaleng susu bekas ukuran sedang
  • Cat putih sebagai dasar
  • Cat semprot hitam
  • Potongan kertas untuk membuat decoupage dengan motif favorit
  • Kayu pipih sepanjang 120 cm untuk membuat rangka penyangga. Lampu yang dibuat jumlahnya tiga, masing-masing menggunakan 3 kayu dengan panjang 13 cm.
  • 3 buah lampu
  • 3 buah rumah lampu
  • Kabel panjang.
  • Bor listrik.
  • Beberapa buah mur

Cara Pembuatan

Ampelas permukaan kaleng susu yang akan digunakan, setelah itu poleskan cat dasar berwarna putih. Lakukan proses ini untuk dua kaleng lainnya.

  1. Setelah cat pada kaleng mengering, hias menggunakan decoupage dengan motif yang disukai. Andez sendiri memilih pola plus dan segitiga berwarna hitam.
  2. Lepas itu, bor bagian kanan, kiri, serta bawah kaleng untuk memasang dudukan beserta lampu.
  3. Sisihkan kaleng yang telah terpasang dudukan dan lampu terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya, rangkailah potongan-potongan kayu untuk menggantung lampu dengan. Setelah terpasang, pulaskan cat dengan warna hitam dan biarkan mengering.
  5. Sebelumnya, pasanglah kaitan “U” pada plafon yang akan dipasangi lampu menggunakan bor. Gunakan pula kait fisher yang direkatkan menggunakan lem besi.
  6. Kaitka semua rangka, pasang lampu yang telah diberi gantungan, lampu spotlight ceiling pun siap menerangi area dapur rumah.

Tips dari Andez, setelah melakukan instalasi lampu spotlight tersebut, sebaiknya rapikan kabel-kabel yang bergelantungan. Hal ini tentunya akan membuat hasil karya tersebut tampak rapi serta makin cantik penampakannya.

Urbanites, bagi Andez Natalins, melakukan proyek do it yourself (DIY) bukan hanya sekadar untuk dipajang. Harus ada fungsi dan juga manfaatnya. Terbukti ‘kan dengan karya lampu spotlight ceiling begitu bermanfaat untuk menciptakan nuansa tersendiri di dapurnya?

Semoga ulasan di atas tadi dapat kamu praktikkan sendiri di rumah, ya! Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo untuk mendapatkan ulasan lainnya yang tak kalah menarik.