Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Penuhi Setiap Sudut Rumah dengan Beragam Tanaman, Kenapa Tidak?

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai pengaplikasian warna kesukaan di dalam rumah, kini kita bahas lagi mengenai hal menarik lain dari sudut rumah Pieta Rosari. Jika Anda perhatikan, ibu asal Yogyakarta ini menyimpan beragam tanaman di bagian luar dan dalam rumahnya. Tertarik? Simak dulu tipsnya!

Alat Dekorasi yang Murah

Apa saja pelengkap dekorasi yang Anda gunakan di rumah? Coba hadirkan beragam jenis tanaman di bagian dalam dan luar rumah! Adanya tanaman bukan hanya bisa memberikan udara sejuk di rumah, namun nyatanya mampu juga untuk dijadikan sebagai alat dekorasi.

Terkait hal ini, Pieta pun mengakui bahwa dirinya menggunakan tanaman sebagai bentuk go green dan juga alat dekorasi yang murah, “Alasan memadukan tanaman sebagai salah satu dekorasi karena kesadaran untuk go green, konsep penenang dan termasuk salah satu alat dekorasi yang murah,” jelasnya.

Jika Anda berkunjung ke rumahnya yang berada di kawasan Bantul, Yogyakarta, maka akan merasakan sensasi nyaman. Bagaimana tidak, ibu dari dua orang anak ini menghadirkan banyak tanaman hijau di setiap sudut rumahnya, dari mulai teras hingga taman belakang rumahnya.

Saat ditanya oleh tim UrbanIndo, Pieta menjelaskan bahwa tidak ada kriteria khusus dalam memilih tanaman di rumahnya. Ia mengakui bahwa semua tanaman yang ada di rumahnya didapat dan dibeli atas dasar suka dan melihat juga tingkat kesulitan dalam merawatnya.

Pieta sendiri sangat cerdik dalam menata tanaman di rumah. Ini terlihat dari danya tanaman yang digantung dan disimpan di pot ayam unik. “Keranjang anyaman untuk pot jadi lebih praktis, efisien, natural, dan cenderung lebih murah,” pungkasnya.

Cara Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor

Nah, pemilihan tanaman indoor dan outdoor pun tidak boleh sembarangan! Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tanaman tumbuh dengan sehat dan tahan lama. Tak sulit karena Anda hanya perlu mengetahui tanaman apa saja yang tergolong indoor dan outdoor.

“Hal yang membedakan pemilihan tanaman untuk indoor adalah yang dirasa mempunyai kriteria lebih cocok dipandang untuk ditaruh di dalam rumah dan memang termasuk tanaman indoor. Selanjutnya, kalau tanaman outdoor yang memang harus disimpan di luar dan perawatannya memang lebih mudah,” jelas Pieta.

Ya, tanaman outdoor memang lebih mudah dirawat karena bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Berbeda halnya dengan tanaman indoor, pemiliknya harus memastikan sirkulasi udara dan tingkat kelembapannya.

Lalu bagaimana cara merawat tanaman indoor? Pieta sendiri memiliki cara khusus untuk merawat semua tanamannya. Ia selalu telaten mengeluarkan dan menyiram tanamannya dan bahkan memberikan pupuk setiap dua minggu sekali.

“Cara merawat (tanaman indoor) setiap seminggu dua kali dikeluarkan untuk dijemur dan disiram, setiap dua minggu sekali dipupuk konsisten dengan pupuk.kandang atau organik sesuai kebutuhan setiap jenis tanamannya,”ujar Pieta memberikan triknya.

Pieta juga mengatakan bahwa menghadirkan banyak tanaman di rumah tidak memberikan kesulitan yang berarti. Bahkan, ibu dari dua orang anak ini selalu memberikan pengertian kepada anak-anaknya untuk tidak merusak dan harus selalu menyayangi tanaman seperti makhluk hidup lainnya.

Sebagai penutup wawancara, Pieta mengatakan masih banyak bagian-bagian rumah yang ingin didekorasi ulang, termasuk menghias bagian taman belakang dan bahkan ia bercita-cita ingin membuat lantai atas untuk dimanfaatkan sebagai taman kecil.

“Masih banyak yang ingin didekor ulang, terutama kamar anak-anak,menambah batu alam dan kolam air mancur di belakang rumah. Selain itu, ingin juga membuat lantai di atas bagian dapur untuk dijadikan tempat menjemur pakaian, gudang, dan taman kecil,” tutupnya.

Nah, itu dia langkah go green yang dilakukan Pieta di rumahnya. Kalau Anda, sudah melakukan apa saja untuk menghijaukan setiap sudut di rumah? Yuk, intip dan interaksi langsung dengan Pieta Rosari di sini!