Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Zainal Kamal: Ilmu Properti Bisa Didapat Bahkan dari Nongkrong di Warung Kopi

Banyak orang dengan berbagai latar belakang yang beragam dapat berprofesi sebagai agen independen. Tidak menutup kemungkinan, seseorang yang dulunya tidak berhubungan dengan bidang ini sekalipun bisa jadi seorang agen properti yang sukses. Lantas dari mana mereka mendapatkan ilmu tersebut?

Mereka bisa dapat ilmu mengenai dunia ini dari mana saja misalnya workshop, internet, dan buku. Bahkan pengetahuan itu pun mereka dapatkan bisa dari nongkrong santai di warung kopi. Hal ini dibenarkan olah salah satu agen independen dari Kota Bandung bernama Zainal Kamal.

Zainal yang dulunya berprofesi sebagai staf perusahaan keuangan di Jakarta, mengaku baru terjun ke bisnis jual beli properti sekitar dua tahun lalu. Setelah browsing dan menimbang-nimbang, Zainal pun kemudian mantap menjadi agen independen.

“Belajar ilmunya ya dari internet, YouTube, makalah-makalah yang saya temukan. Ilmu ini juga termasuk mengenai strategi marketing. Kebetulan di sekitar rumah juga ada beberapa tetangga yang terjun sebagai agen juga, tapi mereka gabung dengan perusahaan. Sedikit banyak dapat ilmu dari mereka, ya dari diskusi nongkrong di warung kopi gitu,” ungkap Zainal saat dihubungi UrbanIndo beberapa waktu lalu.

Lantas mengapa Zainal memutuskan untuk jalan sendiri alias menjadi agen independen? Ia menilai, menjadi seorang agen yang bergabung dengan perusahaan tidak memberikan dirinya kebebasan. Selain itu, pendapatan yang didapatkan pun tidak dapat ia atur sendiri karena tentu harus menyetorkan beberapa persen dari hasil closing ke perusahaan.

Biarpun jalan sendiri dan belajar segala sesuatunya secara otodidak, Zainal telah berhasil mendapatkan closing yang cukup banyak. Ia menambahkan, umumnya dirinya lebih concern pada segmen rumah tinggal menengah ke bawah. Rencananya, dalam beberapa waktu ke depan Zainal akan mencoba menjual properti dengan segmen menengah ke atas.

Mulai Merambah Kota Lain

Zainal mengatakan, dirinya lebih banyak menjual berbagai jenis properti di Kota Bandung dan sekitar Jawa Barat. Ia kemudian menyebutkan bahwa baru-baru ini, makin banyak orang yang menitipkan rumah atau tanah untuk dijualkan, namun di luar Bandung.

Hal ini merupakan salah satu tanda yang menunjukkan bahwa dirinya sudah berhasil menjadi agen independen yang dipercaya orang-orang. Zainal sendiri mengaku bahwa dirinya sudah merencanakan mau mulai menggarap pasar Jakarta.

“Sejauh ini dari Jakarta, tapi ada juga yang dari Bali. Kalau masih di sekitaran Jabodetabek, saya masih berani karena ada teman di sana yang bisa diajak kerja sama. Tapi kalau di luar sana, saya masih belum percaya diri. Sebab ‘kan kita punya tanggung jawab besar untuk bisa membantu klien. Bila belum ada pengalaman dan juga link, nantinya malah tidak bisa memberikan apa-apa,” sambung Zainal.

Di samping itu, Zainal juga menyebutkan bahwa sebagai agen independen, dirinya tidak pernah terkendala oleh persaingan sesama agen. Ia mengatakan, selama bisa bekerja sama dengan agen-agen lain secara baik, semua pun tidak jadi masalah.

“Para agen banyak melakukan co-broking dengan agen lain. Saya pun begitu, tapi saya lihat dulu latar belakangnya. Jika dia agen dari perusahaan, maka saya mengalah saja untuk soal komisi dan memberikan mereka porsi lebih besar. Jika sama-sama independen ya, 50:50 saja,” jabarnya.

Masukan Bermanfaat dari UrbanIndo

Zainal mengenal UrbanIndo sejak awal berprofesi sebagai agen independen. Selain UrbanIndo, ia pun mengaku menggunakan berbagai situs lain untuk beriklan. Ia berpendapat, dengan cara ini ia dapat memetik semua manfaat yang mereka tawarkan.

“Dulu saya menemukan UrbanIndo saat browsing-browsing saja. Setelah saya pelajari, ternyata UrbanIndo punya kelebihan yaitu informasi berupa analisisi kepada para agen. Makanya saya sering pakai UrbanIndo dibanding lainnya,” aku Zainal.

Ia berpendapat, informasi semacam ini sangat dibutuhkan oleh para agen termasuk dirinya. Berkat laporan analisis properti tersebut, Zainal pun dapat lebih mengenali segmen serta area yang harus ia dalami. Ia pun jadi mengetahui dari mana saja permintaan properti yang potensial.

“Hanya UrbanIndo memberikan yang lain tidak ada,” tegasnya.

Urbanites, semoga kisah inspiratif agen Zainal Kamal di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua! Ingin bergabung menjadi agen dan beriklan dengan mudah? Jangan ragu untuk mendaftarkan diri Anda di urbanindo.com.