Blog UrbanIndo.com - Informasi Rumah dan Properti

Kota Terapung Pertama di Dunia Akan Terwujud pada 2020. Ini Penampakannya

Konsep kota terapung seringkali kita lihat dalam sebuah film science fiksi berlatar belakang masa depan. Penampakannya begitu modern dan wah, sebab dilengkapi fitur-fitur dengan teknologi canggih. Hal ini ternyata bukan hanya mimpi dan akan segera jadi kenyataan pada 2020 mendatang.

Sebuah lembaga nonprofit berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat, bernama Seasteading Institute tengah mengembangkan konsep ini sejak tahun 2008.

Rancangan kota apung tersebut pun telah disetujui pemerintah French Polynesia untuk segera diuji coba pada perairan di wilayah tersebut.

Dikutip dari situs boredpanda.com, Presiden Seasteading Institute, Joe Quirk menyampaikan pada media New York Times bahwa bila kota terapung tersebut dapat didirikan, maka wilayah tersebut bisa menjadi sebuah negara start-up.

Ia pun menilai, di wilayah tersebut dapat terbangun keberagaman di bidang pemerintahan dan juga masyarakat.

Di atas kota apung tersebut nantinya akan berdiri lusinan bangunan termasuk rumah tempat tinggal, hotel-hotel, perkantoran, dan juga berbagai restoran.

Para insinyur dan arsitek yang terlibat dalam pembangunan telah mengunjungi lokasi yang akan dijadikan kota masa depan teresebut.

Disebutkan, kota ini akan dibangun di atas perairan dengan luas 100 acre. Bila pembangunan berjalan sesuai rencana dan rancangan, tiap bangunan akan dibuat menggunakan atap dari bahan-bahan alami.

Beberapa di antaranya ialah kayu lokal, bambu, serat kelapa, dan juga metal serta plastik daur ulang.

Joe Quirk menambahkan, dana yang dibutuhkan dalam pembuatan bangunan-bangunan di “utopia” tepia pantai tersebut adalah sekitar US$167 juta.

Seasteading Institute sendiri telah menerima sejumlah donatur. Salah satunya ialah pendiri PayPal Peter Thiel.

Wah, menarik juga ya Urbanites! Kira-kira kota terapung seperti ini bisa terwujud juga tidak ya di negara kita yang berbentuk kepulauan ini? Mari kita tunggu!

Urbanites, terus baca ulasan menarik lainnya hanya di blog UrbanIndo.