Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mendekorasi Rumah dengan Karpet

Mendekorasi rumah dengan karpet merupakan solusi praktis untuk mengubah tampilan ruangan menjadi lebih menarik.Sayangnya, banyak orang yang masih belum paham seperti apa model yang pas untuk ruangan rumah mereka.

Ukuran, warna, bentuk, dan materialnya memang harus dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa panduan yang bisa kamu pergunakan sebelum memilih karpet untuk rumah. Mari simak ulasan lengkapnya.

1.Pertimbangkan Warna Dulu

Situs freshome.com menyebutkan, beberapa ahli desain interior menyarankan orang untuk memasang karpet sebagai dekorasi pertama di sebuah ruangan.

Alasannya, karpet merupakan dekorasi yang ukurannya cukup besar dan menarik mata. Selain itu, karpet pun disebut sebagai penetu skema warna.

Maka dari itu, sebelum membelinya pertimbangkanlah memilih warna yang benar-benar diinginkan.

Di samping itu juga warnanya dapat masuk dengan berbagai dekorasi yang sudah dimiliki sebelumnya.

Hasilnya, ruangan pun akan tampak senada dan indah dipandang.

2.Pilih Material Berdasarkan Fungsi

Fungsi dari karpet yang dipilih juga berperan penting dalam pemilihan. Pikirkan matang-matang peruntukan dari karpet yang akan dipasang pada ruangan.

Misalnya di ruang tamu, maka karpet yang dipilih memilih material lembut dan tebal.

Lain lagi bila karpet tersebut ditempatkan di ruang tamu. Karpet tidak boleh terlalu terbal dan harus mudah dibersihkan.

Alasannya, sebab kotoran dari luar rumah yang masuk bersama langkah kaki orang dapat langsung tertempel di permukaannya.

Pemilihan karpet dengan material yang sama dengan ruang tamu pun dapat diaplikasikan pada ruang-ruang rumah lain dengan tingkat lalu-lalang yang tinggi.

3.Pertimbangkan Ukuran dengan Matang

Pertimbangan selanjutnya yang perlu dipikirkan sebelum mendekorasi rumah dengan karpet adalah ukurannya. Berikut beberapa tips untuk memilih karpet:

  • Bila kamu memilih karpet full room, ingatlah untuk menyisakan area pinggir ruangan di setiap sisinya sekitar 45 cm.
  • Bila karpet akan diletakkan di bawah area duduk, ukurlah panjang dan lebarnya. Setelah mengetahuinya, belilah karpet dengan ukuran satu kali lebih besar dari besar tempat duduk.

4.Perhatikan Penempatan Furnitur

Detail terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memilih karpet, yaitu menempatkan seluruh kaki furnitur pada karpet, hanya menaruh kaki depan pada karpet, membiarkan kaki furnitur berada di luar karpet. Seperti ini detail desainnyanya:

  • Seluruh kaki: karpet full room atau karpet yang penempatannya berada pada perabot yang spesifik seperti meja makan.
  • Setengah kaki: karpet ruangan yang digunakan untuk duduk-duduk.
  • Tanpa kaki: karpet berukuran kecil/langsing seperti taplak meja.

Setelah membaca ulasan ide dekorasi serta tips di atas, semoga kamu tidak salah dalam membeli karpet nantinya ya!