Wajibkah Pengembang Sediakan Satpam untuk Komplek Perumahan?

Bagi Anda yang berencana tinggal di komplek perumahan, tentu harus mengetahui apa saja manfaat dan fasilitas yang didapatkan.

Seperti yang kita tahu, tentu setiap penghuni berhak mendapatkan keamanan di lingkungan tempat tinggalnya.

Pertanyaanya, wajibkan pihak developer atau pengembang menyediakan satpam di komplek perumahan?

Yuk, langsung kita bahas!

Hak Penghuni Perumahan

Sebelum kita bahas lebih lanjut, pembahasan yang ada di dalam artikel kali ini akan mengacu pada UU No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman (UU Perumahan).

Selanjutnya, perlu kita samakan juga pengertian mengenai perumahan yang ada dalam UU tersebut. Dalam Pasal 1 Angka 2 tertulis bahwa:

“Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman, baik perkotaan maupun perdesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni.”

Masih dalam UU yang sama, di dalam Pasal 3 dijelaskan mengenai tujuan dari perumahan dan permukiman.

Khusus pada Huruf f dijelaskan bahwa perumahan dan kawasan permukiman diselenggarakan untuk menjamin terwujudnya rumah yang layak huni dan terjangkau dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, teratur, terencana, terpadu, dan berkelanjutan.

Selanjutnya, mengenai hak Anda selaku penghuni perumahan pun tercantum dengan jelas dalam Pasal 129 Huruf a dijelaskan bahwa dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman, setiap orang berhak:

“Menempati, menikmati, dan/atau memiliki/memperoleh rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, dan teratur”

Cek Isi Perjanjian

Jika melihat poin sebelumnya, sangat jelas bahwa keamanan menjadi salah satu hal yang ditekankan. Lalu, sebenarnnya apakah pihak pengembang wajib menyediakan satpam?

Sebenarnya, pihak pengembang perumahan tidak memiliki kewajiban untuk menyediakan satpam atau petugas keamanan di komplek.

Meskipun tak ada kewajiban dari pihak pengembang untuk menyediakan satpam dan Anda sebagai penghuni berhak mendapatkan keamanan, Anda juga perlu turut serta untuk bertanggung jawab.

Lebih jelasnya, dalam Pasal 130 Huruf a UU Perumahan tertulis bahwa dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman, setiap orang wajib:

“menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, dan kesehatan di perumahan dan kawasan permukiman”

Kalau begitu, apakah berarti tak bisa menuntut ke pihak pengembang?

Jawabannya tentu bergantung pada kesepakatan Anda dengan pihak pengembang. Cek kembali isi perjanjian yang memuat sarana dan prasarana yang diberikan oleh pihak pengembang.

Apabila terdapat perjanjian yang menyatakan bahwa pengembang akan menyediakan satpam, maka Anda bisa menuntutnya.

Sudah jelas bukan? Semuanya harus dikembalikan lagi ke perjanjian awal yang disepakati. Oleh karena itu, telitilah sebelum membeli properti, ya!

Temukan juga bahasan hukum properti lainnya dari Blog UrbanIndo dengan cara klik di sini!

Comments
Loading...